Umat Muslim Harus Menguatkan Ukhuwah

 
Umat Muslim Harus Menguatkan Ukhuwah

LADUNI.ID,KHAZANAH– Sesama umat muslim agar tetap bersatu dan menguatkan ukhuwah islamiyah. Jangan menyalahkan satu sama lain hingga menimbulkam pertikaian.

Demikian tausyiah yang disampaikan Ustad Alamul Huda Meliala, saat menggelar Kajian Rutin, Rabu (23/1) di Masjid At-Taqwa, Desa Batugingging, Kecamatan Bangunpurba, Kabupaten Deliserdang.

“Bagaimana Islam mau maju kalau kita saja masih saling menyalahkan dan saling menjelekkan karena memetingkan ego kita masing-masing. Untuk itu, marilah sama-sama kita kuatkan ukhuwah islamiyah,” jelasnya.

Setiap insan muslim, kata Huda, wajib untuk meninggalkan apa yang dilarang Allah dan Rasulullah SAW. Allah SWT tidak ingin memberikan beban/ujian kepada setiap hambaNya di luar dari kesanggupan hamba itu sendiri.

“Janji Allah dalan Alquran, jika penduduk suatu negri beriman dan bertaqwa kepada Allah maka akan dibukakan pintu keberkahan dari angit dan bumi, maka jika kalian ingkar (mendustakan) ayat ayat kami (Alquran) kami akan berikan balasan sesuai dengan apa yang telah mereja kerjakan,” sebutnya.

Oleh sebab itu, sebagai umat muslim, kita tidak boleh pasrah dan diam saja jika melihat ada maksiat dan kemungkaran. Berusahalah menCegahnya dengan lisan ( Nasehat ). Jika tidak sanggup, maka cegahlah dengan tangan ( pemimpin/ kekuasaan ), jika tidak sanggup maka Bencilah maksiat tersebut dalam hati dan doakanlah dia. Itulah selemah-lemahnya iman.

“Ketika kita membiarkan maksiat merajalela, maka jangan salahkan Allah jika desa yang kita cintai ini mendapat teguran dari Allah Swt,” pungkasnya.

Beliau juga membaca beberapa arti dari ayat Allah,
“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu, maka adalah disebabkan oleh perbuatan tangan kamu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari dosa-dosamu,” (QS. As Syura: 30)

 “Dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman,” (QS. Al Qhashash: 59)

Sumber : Waspada