Khotmul Qur'an Awali Rangkaian Harlah ke-13 Ponpes Al-Hikam Depok

 
Khotmul Qur'an Awali Rangkaian Harlah ke-13 Ponpes Al-Hikam Depok
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Selasa pagi (9/12/2024) Pesantren Al-Hikam Depok menyelenggarakan Khotmul Qur'an sebagai bentuk tasyakuran harlah pesantren yang ke-13. Acara tersebut diadakan di maqbarah Almarhum Almaghfurlah KH. Hasyim Muzadi, pendiri pesantren.

KH. Hilmi Ash-Shidqi, selaku salah satu ustadz senior pesantren mengutarakan alasan mengapa tasyakuran harlah ini penting diadakan.

"Penting bahkan harus bagi santri karena dua hal. Pertama, bentuk syukur kepada Allah yang telah mewujudkan cita-cita Abah Hasyim Muzadi yang ingin menampung para hafiz-hafizah yang akan menjadi ulama Al-Qur'an. Kedua, berterima kasih kepada Abah Hasyim," tuturnya di hadapan para santri dan asatidz pesantren.

Lebih lanjut, tasyakuran ini juga berfungsi sebagai ajang napak tilas kembali perjuangan KH. Hasyim Muzadi dalam membangun pesantren.

"13 tahun lalu, di tanggal ini, jam 9-11 diadakan kuliah perdana untuk STKQ Al-Hikam yang dihadiri oleh Syeikh Wahbah Az-Zuhaili, Profesor Quraish Shihab, dan Kyai Tolchah Hasan. Ketiga tokoh tersebut dihadirkan agar tiap profil lulusan STKQ bisa tampil menjadi ulama Al-Qur'an, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional," tambahnya.

Gus Yusron Shidqi, putra bungsu KH. Hasyim Muzadi juga turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berkontribusi untuk pesantren.

"Dari sekarang, kita perlu mengubah mindset yang mengatakan pesantren itu butuh kita, yang benar kitalah yang butuh pesantren," ujarnya.

Khotmul Qur'an yang digelar tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan harlah. Setelahnya, pihak pesantren akan mengadakan program sertifikasi digital marketing bersama BNSP (Badan Nasional Sertfikasi Profesi). Acara puncak akan berlangsung pada tanggal 27 Januari yang diisi dengan Al-Hikam Bersholawat.

Sekilas Tentang Pesantren Al-Hikam Depok

Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok merupakan pesantren yang dibangun oleh KH. Hasyim Muzadi, Ketua PBNU (1999-2010) pada tanggal 9 Januari 2011. Pesantren ini merupakan pesantren kedua setelah KH. Hasyim mendirikan Pesantren Al-Hikam Malang.

Berlokasi di Jl. H. Amat, Kukusan, Beji, Depok, pesantren ini memberi kesempatan kepada para hafiz-hafizah 30 juz untuk melanjutkan pendidikan sarjananya di bawah naungan institusi pesantren, yaitu di Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur'an Al-Hikam. Selanjutnya, para lulusannya dikader untuk menjadi para ulama ahli Qur'an, mufassir pemula, dan mengajar di berbagai institusi dan lembaga pendidikan.

Selain itu, pesantren tersebut juga menyiapkan lembaga Pesantren Mahasiswa atau yang sering disebut Pesma-pesmi Al-Hikam yang khusus diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin kuliah di sekitar area Jabodetabek dengan sambil mengaji.


Pewarta: Izharuddin

Editor: Hakim