Biografi Syekh Hasan Habannakah

 
Biografi Syekh Hasan Habannakah

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Penerus
3.1  Murid-Murid

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Mendirikan Persatuan al-Tawjiah al-Islamiah

6.    Referensi

 

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
Syekh Hasan Habannakah dilahirkan pada tahun 1908 di Maidan, Damsyik, Syria, dari sang ibu bernama Khatijah, sorang wanita solehah berasal dari al-Kiswah di selatan Damsyik 16KM dari bandar Damsyik.

Syekh Hasan Habannakah nama sebenarnya adalah Hassan bin Marzuq bin Arabi bin Ghunaim dan gelaran bagi keluarganya ialah Habannakah dan dikenali sebagai al-Maydani nisbah kepada kawasan kediamannya. Asal keturunan keluarga ini nisbah kepada bani Khalid yang tinggal di perkampungan Hamat kemudian berpindah ke kawasan al-Maydani di Damsyik. Habannakah adalah dari perkataan orang badwi habakah yang bermaksud berjanji dan percaya.

1.2 Riwayat Keluarga
Beliau merupakan seorang ulama Islam yang terkenal dan seorang mujahid yang ikhlas kepada Allah. Beliau menikah pada usia 15 tahun dengan seorang perempuan yatim piatu bernama Nazimah binti Ibrahim al-Sudan, dan dikaruniai 12 orang anak.

1.2 Wafat
Syekh Hasan Habannakah wafat pada tanggal 15 Oktober 1978 Masehi. Konon, sebanyak 600 ribu orang mengiringi jenazahnya dari Masjid Umawi menuju tanah perkuburan pada saat itu.

2.  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1 Pendidikan
Hassan kecil  dihantar oleh ayahnya ke kuttab yang dikelola oleh Syeikh Sharif al-Ya'qubi. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya di sana, beliau melanjutkan studinya dengan Syeikh Talib Haikal, belajar nahwu, saraf, dan fiqih Syafi'i. Selain itu, beliau juga belajar dengan Syeikh Abdul Qadir al-Ashab.

2.2 Guru-Guru

  1. Syekh Abdul Qadir al-Ashab,
  2. Syekh Talib Haikal,
  3. Syekh Mahmud Attar sseorang ahli fiqih Hanafi,
  4. Syekh Amin Suid seorang fiqih Hanafi,
  5. Syekh Badaruddin al-Hasani belajar Hadis
  6. Syekh Ali al-Daqr.

3. Penerus

3.1 Murid-Murid

  1. Syekh Abdul Kurayyim al-Rajih,
  2. Abdul Rahman al-Tibbi,
  3. Syeikh Najif al-Abbas,
  4. Wahbah al-Zuhaily,  
  5. Muhamad Said Ramadan al-Buti,
  6. Musrafa al-Khin
  7. Syeikh Abdul Rahman Habannakah (anaknya)

4.  Perjalanan Hidup dan Dakwah

Syekh Hasan Habannakah adalah seorang pendidik yang mulai berdedikasi sejak usia muda dalam mengajar dan mendidik para pelajar untuk menjadi pendakwah dan ulama. Memberikan pengajaran dalam berbagai bidang ilmu Islam seperti ilmu nahwu, balaghah, tafsir, fiqih Syafi'i, usul fiqih, dan hadis. Memiliki ruangan khusus di Masjid Manjak untuk melakukan penelitian, bertemu dengan para pelajar, dan berinteraksi dengan masyarakat umum.

Selain itu,beliau secara rutin meninggalkan ruangannya untuk melaksanakan salat berjamaah, memberikan pengajaran, dan memberikan khutbah Jumat. Ruangan tersebut juga berfungsi sebagai tempat bagi Syekh Hasan untuk bertemu dengan rekan-rekan serta mantan pelajar.

Sebagai seorang khatib, dikenal dengan pidato yang lugas dan tegas, bahkan pernah dipenjarakan oleh pemerintah yang zalim karena isi khutbahnya yang kontroversial.

Syekh Hasan merupakan individu yang sangat mencintai ilmu dan ibadah. Beliau secara teratur melakukan qiamullail bersama istrinya. Selain itu, beliau menunjukkan penghormatan yang besar kepada para guru dengan selalu menziarahi mereka. Beliau terlibat dalam gerakan jihad melawan penjajah Perancis pada tahun 1925.

4.1 Mendirikan Persatuan al-Tawjiah al-Islamiah

Pada tahun 1946 Masehi, beliau mendirikan Persatuan al-Tawjiah al-Islamiah, di mana beliau menjabat sebagai ketua Sadiq Habannakah dilantik sebagai wakil ketua, Abdul Rahman Habannakah sebagai Sekretaris, dan Husain al-Khatib sebagai anggota komite. Persatuan ini bertujuan untuk mendirikan sebuah sekolah yang dikenali sebagai Kolej al-Tawjiah al-Islamiah.

Sekolah ini mengalami perkembangan pesat, dengan jumlah pelajar mencapai 500 orang ketika pemerintah mengambil alih pengurusannya pada tahun 1967 Masehi. Pengajaran di sekolah ini terbagi menjadi dua kategori:

  1. Golongan yang belajar sepenuh masa, dimana mereka tinggal di dalam kampus dan mendapatkan pembiayaan dari pihak sekolah.
  2. Golongan yang tidak belajar sepenuh masa, yang menghadiri sesi pengajaran umum pada waktu pagi, selepas Maghrib, dan Isyak.

Selain itu beliau juga mengadakan halaqah ilmu di Masjid Umawi di Damaskus, terutama di bulan Ramadan. Beliau memberikan pengajaran di sana setiap hari sepanjang bulan Ramadan. Minatnya terhadap ilmu terus bersinar hingga akhir hayatnya. Ketika pemerintah melarang pengajaran di kolejnya, beliau tetap melanjutkan kegiatan pengajaran di rumah, biasanya setelah Subuh atau sebelum Zuhur, dan juga setelah Asar, dan  juga mengadakan halaqah dengan para muridnya yang telah menjadi khatib dan ulama, yang diselenggarakan seminggu sekali. Majlis ini dihadiri oleh beberapa tokoh ulama seperti Syeikh Husain Khatib, Abdul Karim Rajih, Abdul Razaq al-Halabi, dan Sadiq Habannakah.

5.  Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs:
https://www.al-ahkam.net

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya