Info Harian Laduni.ID: 28 Februari 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 28 Februari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Rabu, 28 Februari 2024 bertepatan dengan hari lahir Nyai Asmah Sjachrunie dan hari wafat KH. M. Badruddin Anwar, KH. Abdul Qodir Rozy.

Nyai Asmah Sjachrunie
Nyai Asmah Sjachrunie lahir pada 28 Februari 1928, di Rantau, Kalimantan Selatan. Dan Nyai Asmah wafat pada tanggal 2 Juni 2014.

Nyai Asmah aktif di Muslimat NU sejak 1952. beliau kemudian diberi kepercayaan untuk memimpin Muslimat NU di Kalimantan Selatan dan mendapat hak untuk membentuk beberapa cabang. beliau pun memilih untuk fokus berjuang melalui Muslimat NU.

Pada 1954, Muktamar NU sekaligus kongres Muslimat NU digelar di Surabaya. Dari situ beliau mulai dikenal banyak kalangan, bukan hanya dari kalangan wilayahnya sendiri di Kalimantan, tapi juga di luar Kalimantan seperti Jawa dan lain-lain.

Nyai Asmah pun menjadi perbincangan publik karena saat itu sangat jarang perempuan bisa tampil di panggung politik. Pada 1956, Nyai Asmah resmi menjadi anggota DPR sehingga berpindah tempat tinggal ke Jakarta.

Selain berkecimpung di dunia pendidikan, Asmah juga aktif dalam dunia militer. Di era Jepang, beliau ikut dalam barisan Fujinkai (para militer perempuan). Sedangkan di era kemerdekaan, tepatnya tahun 1948-1949, beliau juga tercatat sebagai anggota Angkatan Laut Republik Indonesia. Meski saat itu, ALRI belum menjadi kesatuan yang resmi.  

Simak biografi lengkapnya di: Nyai Asmah Sjachrunie

KH. M. Badruddin Anwar
KH. M. Badruddin Anwar lahir pada tahun 1942. Beliau merupakan putra pertama dari tujuh bersaudara pasangan Al-Magfurlah KH. Anwar Nur dan Nyai Hj. Aisyah pendiri Pondok Pesantren An-Nur.

KH. M. Badruddin Anwar wafat pada hari Selasa, 28 Februari 2017 pada usia 75 tahun. Jenazah beliau di makamkan di pondok pesantren Pondok Pesantren An-Nur II.

KH. M. Badruddin Anwar kecil, beliau memulai pendidikannya dengan belajar ilmu Al-Qur’an dan dasar-dasar agama Islam dari ayahanda beliau KH. Anwar Nur. Setelah mendapatkan pendidikan dari ayahnya, beliau melanjutkan pendidikannya dengan belaja di MINU.

Setelah pulang dari belajar di beberapa pondok pesantren sekitar tahun 1965, KH. M. Badruddin Anwar mendirikan Pondok Pesantren An-Nur II. Pada awalnya, beliau membangun pondok dengan ukuran 4×6 M yang terbuat dari anyaman bambu (gedek). Rumah tersebut di bagi jadi 3 bagian, yang 1 di gunakan sebagai kamar santri yang satu lagi di gunakan ndalem kamar kyai.

Simak biografi lengkapnya di: KH. M. Badruddin Anwar
Simak Chart Silsilah Sanad KH. M. Badruddin Anwar

KH. Abdul Qodir Rozy
Pada hari Jum’at, dikampung Cibadak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur tanggal 15 September 1935 Masehi bertepatan dengan 29 Jumadil Akhir 1345 Hijriyyah, KH. Abdul Qodir Rozy dilahirkan. Beliau adalah putra kelima dari sembilan bersaudara. Ayah  beliau bernama KH. Fakhrur Rozy bin KH. Muhammad Yunus. dan Ibu beliau bernama Nyai Hj. Hindun binti Abdurrahman.

KH. Abdul Qodir Rozy atau akrab disapa Ajengan Koko ini wafat pada usia 86 tahun pada, Ahad 28 Februari 2021.

Kecintaan Syaikhona terhadap ilmu, tidak terlepas dari gemblengan orangtuanya. Diceritakan dalam buku biografi beliau yang ditulis oleh Ust. Rusli bahwa ketika Syaikhona masih duduk di Sekolah Dasar, orang tuanya mewajibkan beliau untuk mengikuti pengajian kitab kuning dengan jadwal lima kali mengaji dalam satu hari. Sehingga waktu bermain sangat jarang dialami oleh beliau sewaktu masih kecil.

Bagi kebanyakan masyarakat Cianjur, siapa yang tidak mengenal beliau? Dari kalangan masyarakat biasa hingga pejabat, pelajar hingga mahasiswa, aktivis hingga politisi apalagi di kalangan pesantren baik santri, ustad hingga para ulama. Beliau dikenal sebagai sosok ulama kharismatik, memiliki kedalaman ilmu dan keluhuran budi pekerti yang melekat pada diri beliau. Tidak heran KH. Abdul Qodir Rozy di kenal, di kagumi dan dihormati oleh berbagai kalangan masyarakat Cianjur.

Syaikhona membimbing pengajian ihya ul ihya sejak tanggal 1 juli 1970 sampai sekarang. Dapat dibayangkan betapa cukup lamanya beliau membimbing pengajian dengan istiqomah.

Simak biografi lengkapnya di: KH. Abdul Qodir Rozy
Simak Chart Silsilah Sanad KH. Abdul Qodir Rozy

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.