Pesantren (Dayah) Darul Huda, Aceh Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren (Dayah) Darul Huda, Aceh Selatan

Profil
Dayah/Pesantren Darul Huda merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang berbasis sistem salaf (Pesantren Tradisional) yang mengajarkan kitab kuning, Al-Qur’an, dan Hadis. Pesantren ini berada di Gampong Sawang Dua, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam.

Dalam sejarahnya, Pesantren Darul Huda didirikan pada tahun 1999 oleh Teungku H. Martunis atau lebih dikenal dengan panggilan Abah Martunis. Beliau merupakan alumni dari Pesantren Istiqamatuddin Darul Mu’arrif Lam Ateuk Kabupaten Aceh Besar dan alumni dari Pesantren Darul Huda Lhung Angen Kabupaten Aceh Utara. Teungku H. Martunis wafat pada tanggal 4 Ramadhan 1440 H atau bertepatan pada tanggal 10 Mei 2019 M.

Pesantren ini sekarang dipimpin oleh menantu Teungku H. Martunis, yaitu Teungku Rasyidi atau di kalangan masyarakat lebih dikenal dengan panggilan Abi Rasyidi. Beliau juga merupakan alumni dari Pesantren Darul Mu’arif Lam Ateuk Kabupaten Aceh Besar.

Pada masa awal berdirinya, pesantren ini hanya memiliki satu komplek saja. Seiring dengan perkembangannya dan juga jumlah santri yang semakin meningkat, pesantren ini sekarang memiliki dua komplek yaitu terdiri dari komplek putra dan putri. Kurikulum Pendidikan yang dipakai Pesantren Darul Huda berpedoman kepada Pesantren Istiqamatuddin Darul Mu’arrif Lam Ateuk Kabupaten Aceh Besar. Kitab-kitab yang dipelajari Pesantren Darul Huda di antaranya: Matan Taqrib fi Ghayah wat Taqrib, Al-Bajuri, I’annatut Thalibin, Al-Mahally, dan beberapa ilmu seperti Tasawuf, Tauhid, Tafsir, Kitab Alat dan lain-lain.

Dalam penerimaan santrinya di Pesantren Darul Huda sedikit berbeda dengan pesantren salaf pada umumnya, yang hanya menerima santri yang berfokus pada pendidikan ilmu agama saja. Pesantren Darul Huda juga menerima santri yang masih sekolah, baik itu yang masih Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA), namun sistem ini hanya dikhususkan bagi santri yang berdomisili di daerah Kecamatan Sawang saja, sedangkan bagi daerah di luar Kecamatan Sawang sistem ini tidak berlaku. Sistem seperti ini sudah diterapkan oleh Abah Martunis sejak dulu, hal ini dikarenakan pada masa awal-awal berdirinya pesantren ini kebanyakan santri yang masuk masih mengikuti pendidikan formal dan sistem ini masih dipertahankan hingga sekarang.

Visi dan Misi Pesantren Darul Huda Aceh Selatan
Visi Pesantren Darul Huda Aceh Selatan adalah mewujudkan Pesantren Darul Huda sebagai pesantren professional dan sebagai pusat pengembangan ilmu pendidikan Islam dengan mewarisi khazanah ke-Islaman untuk melahirkan generasi Islami yang berlandaskan aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah.

Sedangkan misi Pesantren Darul Huda di antaranya:
1. Mengelola dayah/pesantren secara efisien, transparan dan akuntabel.
2. Menyelenggarakan pendidikan Islam dengan mengadopsi kurikulum pesantren yang diwariskan oleh para Ulama Aceh.
3. Mempersiapkan santri yang memiliki aqidah yang kokoh, ibadah yang benar, dan berakhlak mulia serta memiliki dasar-dasar ilmu ke-Islaman yang kuat.
4. Mempersiapkan santri sebagai generasi Islam yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan kemajuan peradaban di masa yang akan datang.

Pendiri
Teungku H. Martunis

Pengasuh
1. Teungku H. Martunis
2. Teungku Rasyidi

Unit Pendidikan
Pesantren Darul Huda mempunyai tingkatan dalam pendidikan santri yang terdiri dari 8 tingkatan kelas dalam proses pembelajaran di antaranya:
1. Kelas Tajizi, yaitu kelas bagi santri pemula. Kelas ini digunakan sebagai kelas untuk tahap awal perkenalan bagi para santri pemula yang biasanya dilaksanakan sekitar 2-3 bulan.
2. Tingkatan kelas 1-6 santri Pesantren Darul Huda, dibimbing oleh santri pada tingkat kelas 7 dan kelas 8, karena santri pada tingkat kelas 7 dan 8 sudah diajarkan sebagai pengajar untuk santri kelas pemula.
3. Tingkatan kelas 7 dan kelas 8 dibimbing langsung oleh Pimpinan Pesantren Darul Huda dan beberapa guru pengajar.

Ekstrakurikuler
Beberapa kegiatan atau ekstrakurikuler yang dilakukan di Pesantren Darul Huda di antaranya:
1. Tahsin Al-Qur’an
2. Muthalaah kitab kuning
3. Olahraga
4. Wiridan
5. Muhazarah
6. Lomba-lomba
7. Maulidan
8. Gotong royong

Fasilitas
Adapun fasilitas-fasilitas yang dimiliki Pesantren Darul Huda antara lain:
1. Rumah pimpinan
2. Mushalla 2 buah
3. Kamar santri/santriwati 65 buah
4. Balai pengajian 8 buah
5. Ruang kantor
6. Dapur umum 2 buah
7. Kantin 2 buah
8. Kamar tamu 4 buah
9. MCK/kamar mandi 12 buah
10. Gudang

Alamat
Pesantren Darul Huda terletak di Gampong Sawang Dua, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam. Kode Pos: 23752

Kontak
Akun Instagram: @dayahdarul_huda
Akun facebook: Dayah Darul Huda
Channel Youtube: Darul Huda TV

Sumber
1. Diolah dan dikembangkan dari penelitian skripsi Sara Mutia, Pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Santri di Dayah Darul Huda Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh (repository.ar-raniry.ac.id).
2. Diolah dan dikembangkan dari penelitian skripsi Roy Farma, Pandangan Teungku Dayah Darul Huda Kabupaten Aceh Selatan terhadap Perilaku Bullying menurut Surat Al-Hujarat Ayat 11, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh (repository.ar-raniry.ac.id).

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.