Berbagai Pendapat Ulama tentang Momentum Malam Lailatul Qadar

 
Berbagai Pendapat Ulama tentang Momentum Malam Lailatul Qadar
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia. Kemuliaannya itu disebutkan oleh para ahli tafsir karena di dalam bulan tersebut Al-Qur’an diturunkan. Sebagaimana keterangan di dalam Surat Al-Baqarah ayat 185:

 شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang haq dan yang bathil).”

Dan kemuliaan itu ditambah dengan adanya anugerah bahwa di dalam bulan Ramadhan ada satu malam yang kemuliaannya lebih baik dari seribu bulan biasa. Malam yang dimaksud tersebut tidak lain adalah Malam Lailatul Qadar. Dan malam tersebut ditegaskan oleh Allah SWT juga sebagai malam di mana pertama kali Al-Qur’an diturunkan. Allah SWT berfirman:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN