Tujuan Utama Kudeta AS terhadap Maduro adalah ‘Minyak’

 
Tujuan Utama Kudeta AS terhadap Maduro adalah ‘Minyak’

LADUNI.ID, Jakarta - Alasan sebenarnya di balik upaya kudeta AS terhadap pemerintahan Maduro, menurut Menlu Venezuela Jorge Arreaza adalah karena untuk merebut cadangan minyak negaranya.

Setelah penjatuhan sanksi AS terhadap perusahaan minyak milik negara PDVSA pada Senin (28/1) lalu, Arreaza lewat cuitan Twitter menyebut langkah itu adalah bukti lain bahwa Washington tengah mengincar minyak Venezuela.

“[Sanksi itu] memperlihatkan bukti konkret dan tak terbantahkan tentang tujuan utama dan rill dari upaya kudeta di Venezuela: minyak,” seperti ditulis Jorge Arreaza.

Sementara itu, Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, menyebut sanksi kepada PDVSA akan dicabut hanya jika Presiden Nicolas Maduro mau menyerahkan jabatan kepada Juan Guaido, tokoh oposisi yang disokong oleh AS.

Berdasarkan keterangan dari Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton,  sanksi tersebut akan mempengaruhi aset PDVSA di AS senilai $7 miliar dan ekspor senilai $11 miliar untuk tahun mendatang.

Dalam wawancara dengan Fox Business sebelumnya, Bolton mengakui bahwa AS memang tertarik pada minyak Venezuela. Menurutnya, jika perusahaan AS dapat berinvestasi lebih banyak di Venezuela, itu akan “membuat perbedaan besar secara ekonomi bagi Amerika Serikat.” (Sumber: liputanislam.com)