Resmikan Laboratorium Seni dan Budaya, Mendikbud Berpesan Ini

 
Resmikan Laboratorium Seni dan Budaya, Mendikbud Berpesan Ini

LADUNI.ID, Malang - Laboratorium Seni dan Budaya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang, Jawa Timur diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Muhadjir Effendy meresmikan pada Selasa (5/2) kemarin.

Menurut Mendikbud, laboratorium tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas seni budaya para siswa di Malang.

“Jangan hanya digunakan oleh sekolah yang mendapatkan bantuan saja. Tetapi juga dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah lain di sekitar sini. Bikin kolaborasi pentas seni antarsekolah. Pokoknya dioptimalkan,” pesan Mendikbud RI.

Seperti dilansir dari laman kompas.com, Muhadjir berpesan agar laboratarium digunakan dengan sebaik mungkin. Dengan adanya fasilitas tersebut diharapkan akan meningkatkan kreativitas dan menciptakan karya-karya seni budaya baru.

“Saya lebih suka bantuan pemerintah rusak karena sering dipakai, daripada rusak tetapi tidak pernah dipakai. Tapi, yang paling bagus ya dipakai dan tidak rusak, karena dirawat dengan baik,” tuturnya.

Selain itu, Muhadjir juga menambahkan bahwa apresiasi terhadap upaya masyarakat membangun pendidikan nasional diberikan oleh pemerintah melalui bantuan, tidak hanya kepada sekolah negeri, tetapi juga swasta.

“Kalau lulusan sekolah bagus, yang memanen hasilnya adalah negara dan masyarakat. Tetapi, kalau tidak bagus, yang rugi negara dan masyarakat,” pungkas Muhadjir Effendy.