Siswa MAN Sergai Peroleh Medali dari Ajang Kompetensi Internasional di Thailand

 
Siswa MAN Sergai Peroleh Medali dari Ajang Kompetensi Internasional di Thailand

LADUNI.ID, Jakarta – Pada ajang internasional, pelajar Indonesia kembali meraih prestasi pada ajang Internasional. Kali ini Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara yang tergabung dalam Tim Kompetisi Inovasi Internasional (KII) berhasil meraih medali perak pada Kompetisi Intellectual Property Invention Innovation And Technology Exposition ( IPITEX ) 2019 di Thailand. IPITEX merupakan event yang diikuti ratusan tim yang berasal dari 20 negara di Asia.

Seperti dilansir dari laman Kemenag, Selasa (12/2) kemarin, Kepala MAN Sergai menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang diraih para siswanya. “Alhamdulillah, kita meraih medali perak. Meski bukan medali emas, tapi ini sudah cukup membanggakan, apalagi ini untuk pertama kali kita ikut dalam kompetisi di luar negara,” tuturnya.

Dia juga mengatakan bahwa, selepas pulang dari Thailand siswa-siswa tersebut akan kembali dilatih mengembangkan inovasi terbaru. “Kita akan terus bimbing siswa kita untuk tetap berlatih dan mengembangkan kemampuan yang ada dalam dirinya serta terus menciptakan inovasi-inovasi terbaru hasil karya mereka, sehingga siap kapanpun dikirim untuk mengikuti kompetisi,” ungkapnya.

Hal senada juga dilontarkan oleh anggotaTim KII MAN Sergai pada IPITEX, Fahri bahwa timnya mempresentasikan hasil inovasi ilmiah berupa Salep Daun Alpukat (SADUKAT). SADUKAT ini dijadikan alternatif untuk menyembukhan luka bakar. Inovasi ini telah diujicobakan kepada Mencit (tikus percobaan) dan telah diteliti  di Laboratorium Universitas Sumatera Utara (USU).

“Selain salep, Siswa MAN Sergai juga mencoba mengembangkan sabun dan lotion dengan tujuan agar luka bakar cepat sembuh dan tanpa bekas,” pungkas Fahri.