Luar Biasa, Lanud Abd Saleh Luncurkan Buku Biografi Tiga Zaman

 
Luar Biasa, Lanud Abd Saleh Luncurkan Buku Biografi Tiga Zaman

LADUNI.id, Malang - Komandan Lapangan Udara atau Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur,  meluncurkan buku biografi tentang sejarah lahirnya Lanud Abd Saleh Malang yang telah berusia 78 tahun.

Buku sejarah itu, ditulis oleh Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Marsa TNI Andi Wijaya ini tidak dalam waktu singkat. Tetapi lumayan lama hingga membutuhkan waktu kurang lebih dari lima bulan. Sebab, pengumpulan dan riset data bukan perkara mudah dilakukan.

"Kajian buku sejarah ini mengungkapkan sepenggal riwayat kedirgantaraan di Indonesia khususnya di Lanud Abdulrachman Saleh Malang," terang Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsa TNI Andi Wijaya

Menurutnya, berdasarkan temuanya bersama tim kecil yang turut menyusun buku biografi itu, menunjukkan bahwa Pangkalan Udara itu sebelumnya bernama Pangkalan Udara Bugis.

Awalnya, Pangkalan Udara Bugis di bangun oleh pemerintahan Belanda di tanah kekuasaan kerajaan Singosari dan Majapahit. Namun, kemudian diperluas oleh Pemerintah Jepang. Tetapi Jepang menyerah tanpa syarat pada sekutu dan akhirnya dikuasai pemerintah Indonesia sampai sekarang.

"Buku sejarah ini, akan dipasarkan ke masyarakat umum. Harapannya, agar masyarakat tahu dan makin cinta dengan TNI AU khususnya Lanud Abdulrachman Saleh Malang," pungkasnya. (arif/ibn)