Pesantren Darul Muqorrobin Kendal

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Darul Muqorrobin Kendal

Profil

Keberadaan Ponpes Darul Muqorrobin merupakan cita-cita besar Habib Masyhur sejak tahun 1980. Beliau merupakan satu-satunya putra Habib Muhammad seorang pedagang kitab yang besar pada zamannya di Kaliwungu. Sehingga menjadi rujukan pesantren-pesantren di kota Kendal untuk membeli kitab di toko tersebut.  Habib Masyhur sejak muda sudah memiliki cita-cita untuk khidmah di bidang Pendidikan.

Pada tahun 1980 beliau mengirimkan salah satu putranya untuk mengemban ilmu agama( Tafaqquh Fiddin) dengan harapan sang putra dapat meneruskan cita-cita untuk khidmah di dunia Pendidikan khususnya pesantren.Sehingga dikirimkan salah satu putra beliau  yaitu Habib Muhammad Firdaus  ke Ponpes Mualimin Yogyakarta selama 6 tahun. Setelah selesai menimba ilmu di Ponpes Mualimin, Beliau melanjutkan Pendidikan ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta selama 3 tahun.

Seiring berjalannya waktu cita-cita Habib Masyhur mulai mengerucut. Beliau mulai mendirikan majlis-majlis ilmu yakni mendirikan majlis pendidikan dan sosial yaitu majlis Al-Muqorrobin. Dari majlis inilah mulai berkhidmah dengan santunan yatim piatu. Selain itu didirikan juga Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Asyimi dengan panduan Qiro’ati. Selain itu para khufadz juga dikumpulkan untuk tadarus setiap minggunya di kediaman beliau.
Majlis Al-Muqorrobin sudah banyak berkhidmah dimasyarakat dan memberikan banyak kontribusi setelah terbentuknya pada tahun 1980.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.