Lebih Utama Mana Menikahi Seorang Janda Atau Wanita Perawan

 
Lebih Utama Mana Menikahi Seorang Janda Atau Wanita Perawan

Laduni.ID, Jakarta - Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa sallam, memberikan nasihat berharga kepada segenap pemuda, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Masud, ia berkata, "Kami pernah bersama Nabi shallallahu alaihi wa sallam sebagai kelompok pemuda yang tidak mempunyai apa-apa."  Beliau bersabda, "Wahai sekalian pemuda, barang siapa di antara kalian yang telah mampu maka menikahlah, karena menikah lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barang siapa yang belum mampu maka hendaknya ia berpuasa sebab puasa bisa menjadi perisai baginya." (HR. Bukhari, no. 5066; Muslim, no. 1400).

Pernikahan merupakan sunnah Nabi yang sangat dianjurkan pelaksanaannya bagi umat Islam. Hukumnya pada kondisi tertentu bisa menjadi wajib, sunnah, makruh, bahkan bisa menjadi haram. Bagi seorang pria yang sudah waktunya menikah dan berniat mencari pasangan, bisa memilih menikahi seorang gadis atau janda. Namun, menikahi gadis bukan sebuah kewajiban dalam agama.

Anjuran ini juga berlaku untuk perempuan, mereka juga bisa mengutamakan lamaran dari pria perjaka ketimbang duda.
“Hendaklah kalian menikah dengan perawan, karena mereka lebih segar mulutnya,...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni