Pesantren Miftahul Ulum Wonosalam, Demak

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Miftahul Ulum Wonosalam, Demak

PROFIL

Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum terletak di Jl. Diponegoro No. 17 Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak Kode Pos 59571, yang dibangun di atas tanah seluas 2 ha. Jarak pesantren dengan terminal Demak dan pusat kota adalah 2 km dan kendaraan yang menghubungkan pesantren dengan kota adalah angkutan pedesaan (seperti dokar dan ojek). Lokasi pondok pesantren ini dikelilingi oleh sawah pertanian. Mata pencahariaan utama masyarakat di sekeliling pesantren sebagai petani.

Sebelum pondok pesantren Miftahul Ulum berdiri, desa Jogoloyo dikenal dengan keadaan yang sangat rawan saat itu, yaitu adanya berbagai macam kejahatan & kurangnya pendidikan agama. Mulai dari situ muncullah inisiatif dari Kyai Tamyiz untuk mendirikan pesantren, mengusir kemaksiatan. Langkah awal yang beliau ambil adalah mengajar anak-anak kecil pada malam hari, dirumah beliau. Selain itu mengadakan berzanji secara bergilir dari rumah ke rumah. Proses belajar mengajar pada saat itu masih sangat sederhana, dengan materi pelajaran al-Qur’an dan berzanji. Tahun 1946 Kyai Tamyiz berhasil mendirikan pondok pesantren Miftahul ‘Ulum, berkat kerja keras dan semangat serta keinginan untuk ber-amar ma’ruf nahi munkar.
 
Keberadaan pesantren ini begitu cepat menyebar ke berbagai daerah, sehingga dalam waktu yang relatif singkat (sekitar 2 tahun), pondok pesantren ini telah menampung murid sekitar 100 orang santri. Tahun 1957 sepupu Kyai Tamziz mendirikan pesantren putri. Untuk sementara waktu karena keterbatasan ruang pesantren, maka santri putri menempati sebagian dari asrama putra.

Pesantren ini berkembang lebih pesat lagi hingga akhirnya pada tahun 1960 mendirikan Madrasah Aliyah Diniyah (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Agama) dan tahun 1963 mendirikan Madrasah Ibtidaiyah (Sekolah Dasar). Di pesantren terdapat pengajaran kitab-kitab kuning klasik secara sorogan. Hal ini semakin banyak ketika bulan Ramadhan tiba.
 
Semangat perjuangan yang terus berkobar oleh sang perintis (Kyai Tamyiz), akhirnya menutup mata untuk selama-lamanya pada tahun 1976. Kepemimpinan yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum dipegang oleh Kiyai. H.Humaidi Tamyiz, yaitu salah satu putra Kyai Tamyiz. Akhirnya semua kegiatan yang semula dilakukan kyai Tamyiz kini digantikan oleh kiyai H. Humaidi dan dibantu oleh pengurus yayasan tersebut. Periode inilah, Pondok Pesantren Miftahul Ulum berkembang semakin baik, terbukti dengan inovasi beliau yang tiada henti, baik pada aspek pembangunan fisik, sarana pendidikan maupun dari peserta didik.

Sejarah

Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum didirikan oleh K. Tamyiz Kasnawi dimulai dari Majlis Ta’lim dan diperkirakan sebelum zaman penjajah. Karena belum ada tempat penampungan maka santri muqim bertempat di Musholla Panggung di tanah waqaf dari K. Ahmad Dahlan. Kemudian padaa tahun 1952 Musholla Panggung itu oleh masyarakat Jogoloyo dijadikan Masjid, yang diberi nama “ Riyadlul Jinan “ sedangkan bekas bangunan musholla panggung itu dijadikan kamar-kamar yang berjumlah 9 yang menjadi tempat muqim para santri, maka tahun itu diresmikan sebagai tahun berdirinya Pondok Pesantren.

Pada tahun 1976, K. Tamyiz Kasnawi kembali ke Rahmatullah dan berdasarkan rapat keluarga yang dipimpin oleh K. Abdur Rohim, memutuskan tampuk kepemimpinan Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum diserahkan kepada KH. Humaidi Tamyiz ( Putra ke – 4 Kyai tamyiz ). Karena saat itu, KH. Humaidi Tamyiz masih tholabul ilmi di PP. MUS Sarang Rembang, maka kepemimpinan sementara diserahkan kepada K. Abdul Mu’thi Tamyiz ( Putra Pertama K. Tamyiz ).

Pada tahun 1978 KH. Humaidi Tamyiz telah selesai menempuh pendidikannya dari PP. MUS Sarang, dan bersama-sama Lurah Pondok saat itu KH. Muhlas Siroj merintis kembali untuk supaya pondok pesantren agar lebih ramai lagi karena saat itu santri tinggal 25 santri. Dan pada tahun 1984 K. Abdul Mu’thi Tamyiz menyerahkan secara penuh dan admistrasi total kepada KH. Humaidi Tamyiz.

Kemudian pada tahun 1987 KH. Humaidi Tamyiz beserta istri Beliau ( Hj. Imronah Humaidi, AH ) merintis berdirinya Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum Putri dan pendaftaran pertama santri putri berjumlah 55 santri.

Karena perkembangan zaman KH. Humaidi Tamyiz mendirikan LPMU tahun 2006 yang dilebur menjadi YAMUD pada tahun 2008. Pada tahun 2006 itu juga didirikan SMK MU Boarding School dilanjutkan Pendidikan SMP MU Barding School pada tahun 2007.

Pendiri
 KH. Tamyiz Kasnawi
Pengasuh
1. KH. Humaidi Tamyiz
2. KH. Ahmad Tamyiz

PENDIDIKAN
1. Pendidikan Formal
A. SMP Miftahul Ulum Boarding School
B. SMK Miftahul Ulum Boarding School
C. Madrasah Aliyah (MA)
D. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
2. Pendidikan Non Formal
A. Tahfidzul Qur'an
B. Madrasah Diniyah
C. Kajian Kitab Kuning
D. Pengajian Mingguan
E. Majelis Taklim
F. Madrasah Salafiyah Putra-Putri
G. Madrasah Khususiyah Putra-Putri 

 

EKSTRAKURIKULER

Pesantren Miftahul ‘Ulum memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :
    1. Tahfidzul Qur’an
    2. Seni Tilawatil Qur'an
    3. Kajian Kitab kuning
    4. Kaligrafi
    5. Mauludan
    6. Ziarah
    7. Khitobah
    8. Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
    9. Life Skill
    10. Marchingband
    11. Komputer
    12. PMR
    13. Pramuka
    14. Paskibra
    15. Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
    16. Seni Hadroh
    17. Kursus B. Arab dan B. Inggris
    18. Olahraga: Silat Pagar Nusa, Sepakbola, Voli, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepak Takraw, Basket
    19. Ketrampilan hidup(Life Skill): Otomotif, Multimedia, Menjahit, Komputer
 

 
Hadrah di pesantren Miftahul ‘Ulum


Pelatihan menjahit di pesantren Miftahul ‘Ulum

FASILITAS
 
Pesantren Miftahul ‘Ulum memiliki fasilitas meliputi:
1. Asrama Santri
2. Gedung Sekolah: SMP dan SMK
3. Gedung Madrasah: MTs dan MA
4. Laboratorium Komputer
5. Pos Kesehatan
6. Tempat Ibadah
7. Aula
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Pesantren
12. Perpustakaan
13. koperasi Pesantren
14. Laboratorium Praktekum Otomotif
15. Laboratorium Praktekum Menjahit
16. Sarana Alat Musik
17.Sarana Alat Olahraga


Gedung sekolah SMK di pesantren Miftahul ‘Ulum
 

Laboratorium Praktekum Otomotif di pesantren Miftahul ‘Ulum

ALAMAT

Jl. Diponegoro No. 17 Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Kode Pos : 59571
Telepon    : (0291) 686312, 0813-2603-0114, 0823-2416-9855




Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

KUNJUNGI JUGA

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.