Penjelasan Mbah Sholeh Darat tentang Keutamaan Bulan Rajab

 
Penjelasan Mbah Sholeh Darat tentang Keutamaan Bulan Rajab
Sumber Gambar: aleqaria.com.eg, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Bulan Rajab adalah bulan mulia yang dinanti oleh banyak orang Islam. Hal ini dikarenakan bulan ini menandai semakin mendekatkan hadirnya bulan Ramadhan yang sangat agung dan mulia. Oleh sebab itu, menarik untuk kita kembali menelaah bagaimana KH. Sholeh bin Umar As-Samarani (Mbah Sholeh Darat) menjelaskan tentang fadhilah bulan Rajab ini.

Dalam Kitab Lathaifut Thaharah wa Asrarus Shalat karya Mbah Sholeh Darat, halaman 83-88 dituliskan bab khusus tentang "Bab Fadhilah Rajab". Kitab yang ditulis dengan pegon dan diterbitkan oleh Thoha Putra Semarang itu sangat detail dalam menjelaskan keutamaan bulan Rajab dengan merujuk pada sejumlah keterangan dari Hadis Nabi SAW.

Dalam kitab tersebut Mbah Sholeh Darat menjelaskan:

"Nabi bersabda: 'Barang siapa yang mengucapkan kalimat سُبْحَانَ الْحَيِّ الْقَيُّوْمِ sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari awal Rajab,  mengucap سُبْحَانَ الْاَحَدِ الصَّمَدِ sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari kedua, dan mengucap سُبْحَانَ الرَّؤُوْفِ sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari ketiga, maka tidak ada orang yang bisa menghitung pahalanya".

Hadis ini memberikan pengertian tentang bacaan atau wirid yang perlu dibaca secara rutin setiap hari di bulan Rajab. Dan bahwa pahala yang didapatkan sangat banyak sekali, sehingga tidak bisa dihitung.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN