Biografi Imam Ad-Darimi

 
Biografi Imam Ad-Darimi
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil Imam Ad-Darimi

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Guru-Guru
  5. Murid-Murid
  6. Pujian Para Ulama kepadanya
  7. Karya-Karya
  8. Metodologi Penulisan Sunan dan Kandungannya
  9. Chart Silsilah Sanad
  10. Referensi

1. Kelahiran

‘Abdullah bin ‘Abdurrahmân bin al-Fadhîl bin Bahram bin ‘Abdusshamad at-Tamîmî as-Samarkandî ad-Dârimî atau yang kerap disapa dengan panggilan Imam ad-Dârimî, lahir pada tahun 181 H di Dârimî.

2. Wafat

Imam ad-Dârimî wafat pada tahun 255 H dalam usia 74 tahun bertepatan pada hari Tarwiyah (tanggal 8 Dzul Hijjah) setelah Ashar dan beliau dikuburkan pada hari Arafah bertepatan pada hari Jum’at di kota Marwa.

3. Pendidikan

Sebagai seorang yang bertekad menjadi penyebar hadits dan sunnah, maka syarat-syarat sebagai seorang rawi sejati menjadi satu kemestian untuk dimiliki. Diantaranya ia mesti terlebih dahulu belajar dan berguru dalam rangka menuntut ilmu merupakan bagian yang sangat mencolok dan sifat yang paling menonjol dari tabiat para ahlul hadits, karena terpencarnya para pengusung sunnah dan atsar di berbagai belahan negri Islam yang sangat luas. Maka Imam ad-Darimi pun tidak ketinggalan dengan merantau dibeberapa Negara yang terkenal, ‎diantara negara yang pernah beliau singgahi untuk menuntut ilmu adalah Khurasan, Iraq, Badgdad, Kuffah, Wasith, Syam, Damaskus, Shur, Jazirah, Hijaz, Makkah dan madinah

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya