Ramuan Asli Indonesia Untuk Tampak Awet Muda

 
Ramuan Asli Indonesia Untuk Tampak Awet Muda

LADUNI.ID | -  Seperti diketahui bahwa perkembangan industri kecantikan terus berkembang. Namun demikian masih banyak perempuan yang tetap memilih perawatan alami dalam hal membuat dirinya tampak awet muda. Salah satu usaha yang paling sering dilakukan untuk membuat diri mereka awet muda adalah dengan mengkonsumsi jamu secara rutin. Jamu ini dapat dengan mudah ditemukan di penjual jamu keliling atau dibuat sendiri.

Berikut beberapa jamu yang dipercaya bisa membuat seseorang tampak awet muda:


1. Sirih

Sirih merupakan Herbal yang memiliki zat aktif seperti chavicol dan betlephenol yang berfungsi sebagai antijamur, antioksidasi, dan antikuman. Zat-zat tersebut membuat kulit tampak sehat, bersih, dan segar. Untuk mendapatkan zat tersebut maka sirih terlebih dahulu direbus kemudian air rebusan tersebut diminum secara rutin. Cara lain yang bisa dilakukan adalah menumbuk 4-6 lembar daun sirih segar hingga halus seperti tepung. Kemudian hasil tumbukan tersebut digunakan sebagai bedak kompres.

2. Air jahe

Minuman air Jahe sangat terkenal dalam masyarakat karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, Air jahe juga dapat merangsang selaput lendir perut besar dan usus. Sehingga berdampak pada metabolisme tubuh yang lebih baik dan membuat seseorang tampak awet muda dan berseri.

3. Sambiloto

Jamu sambiloto mengandung zat aktif seperti andrografin, androfolit (zat pahit), dan panikulin yang merupakan antibiotika alami dan dipercaya sebagai penghambat penuaan. Zat-zat tersebut dapat mengurangi risiko penuaan kulit dan menjaga fungsi organ tubuh dari efek radikal bebas.

4. Kunyit asam

Jamu ini sangat populer bagi perempuan. Kunyit mengandung minyak atsiri, kurkuminoid, protein, fosfor, kalium, besi, dan vitamin C. Kunyit dapat membuat kulit seseorang tampak lebih berseri sehingga membuat penampilan seseorang lebih muda. Selain itu khasiat kunyit juga dapat melancarkan menstruasi.

5. Kencur

Kencur juga salah satu jamu ang paling sering dikonsumsi oleh para wanita. Kencur terkenal dapat membuat tubuh menjadi langsing. Jamu yang mengandung kencur digadang-gadang sebagai pelangsing alami. Kencur mengandung minyak atsiri yang dapat menangkap gangguan radikal bebas dari lingkungan. Sehingga dapat menghambat penuaan dini. Biasanya saat membuat jamu, Kencur biasanya dikombinasikan dengan gula aren agar rasanya lebih nikmat.  

6. Sinom

Sinom merupakan jenis jamu yang biasanya diminum sehabis pahiton. Jamu ini terbuat dari daun asam jawa muda, temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, dan gula merah. Manfaat dari Jamu ini adalah dapat membuat badan lebih segar dan menghilangkan racun. hasilnya, kulit tampak lebih bersinar dan bebas dari jerawat.