Penjelasan tentang Surat Al-Hajj

 
Penjelasan tentang Surat Al-Hajj

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum warahmatulläh wa bärakatuh 

maaf, para asatidz di Grup PISS-KTB, saya mohon izin, mau tanya.

1. Berapa kali Al Qur'an menyebut kata Haji (dalam lafadz Arab) ?

2. Mengapa ada sebuah surat dinamakan surat Al Hajj dan siapa yang memberi nama Al Hajj pada surat tersebut ?

Sementara, hanya itu pertanyaan saya.Saya mohon jawabannya, ya.

Terima kasih atas komentar & jawabannya.

Jazakumulläh khairan katsira.  

jika sudah ada di document, mohon disertakan di kommentar.

Wassalamu'alaikum Warahmatulläh Wabärakatuh 

JAWABAN :

Wa alaikumus salaam warohmatullohi wabarokaatuh

no 1.

1. ayat ini menyebutkan 1 kalimat haji. 

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْأَهِلَّةِ ۖ قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ ۗ وَلَيْسَ الْبِرُّ بِأَنْ تَأْتُوا الْبُيُوتَ مِنْ ظُهُورِهَا وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنِ اتَّقَىٰ ۗ وَأْتُوا الْبُيُوتَ مِنْ أَبْوَابِهَا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadat) haji; Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya; dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.Surah Al-Baqarah (2:189).

2. ayat ini menyebutkan 3 kali kata haji. 

وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ ۚ فَإِنْ أُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ ۖ وَلَا تَحْلِقُوا رُءُوسَكُمْ حَتَّىٰ يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهُ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ بِهِ أَذًى مِنْ رَأْسِهِ فَفِدْيَةٌ مِنْ صِيَامٍ أَوْ صَدَقَةٍ أَوْ نُسُكٍ ۚ فَإِذَا أَمِنْتُمْ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ إِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ ۚ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ فِي الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ إِذَا رَجَعْتُمْ ۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ۗ ذَٰلِكَ لِمَنْ لَمْ يَكُنْ أَهْلُهُ حَاضِرِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan sempurnakanlah ibadah haji dan ´umrah karena Allah. Jika kamu terkepung (terhalang oleh musuh atau karena sakit), maka (sembelihlah) korban yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum korban sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur), maka wajiblah atasnya berfid-yah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau berkorban. Apabila kamu telah (merasa) aman, maka bagi siapa yang ingin mengerjakan ´umrah sebelum haji (di dalam bulan haji), (wajiblah ia menyembelih) korban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan (binatang korban atau tidak mampu), maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari (lagi) apabila kamu telah pulang kembali. Itulah sepuluh (hari) yang sempurna. Demikian itu (kewajiban membayar fidyah) bagi orang-orang yang keluarganya tidak berada (di sekitar) Masjidil Haram (orang-orang yang bukan penduduk kota Mekah). Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya.Surah Al-Baqarah (2:196).

2. ayat ini menyebutkan 3 kali.

الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِي الْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ يَعْلَمْهُ اللَّهُ ۗ وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَىٰ ۚ وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.Surah Al-Baqarah (2:197)

4. ayat ini menyebutkan 1 kali.

وَأَذَانٌ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ إِلَى النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الْأَكْبَرِ أَنَّ اللَّهَ بَرِيءٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ ۙ وَرَسُولُهُ ۚ فَإِنْ تُبْتُمْ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ غَيْرُ مُعْجِزِي اللَّهِ ۗ وَبَشِّرِ الَّذِينَ كَفَرُوا بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

Dan (inilah) suatu permakluman daripada Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrikin. Kemudian jika kamu (kaum musyrikin) bertobat, maka bertaubat itu lebih baik bagimu; dan jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu tidak dapat melemahkan Allah. Dan beritakanlah kepada orang-orang kafir (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.Surah At-Taubah (9:3).

5. ayat ini menyebutkan 1

وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh,Surah Al-Hajj (22:27).

no 2.

صفوة التفاسير ج ٢ ص ٢٨٠.

التسمية : 

سميت سورة الحج تخليد دعوة إبرهيم الخليل عليه السلام حين انتهى من بناء البيت العتيق و نادى الناس لحج بيت الله الحرام فتواضعت الجبال حتى بلغ الصوت أرجاء الأرض و أسمع النداؤه من في الأصلاب و الأرحام و أجابوا النداء : لبيك اللهم لبيك.

di namakan surat al haj di karenakan untuk mengabadikan da'wahnya nabi ibrahim عليه السلام.ketika beliau telah selesai membangun ka'bah dan menyeru orang orang untuk berhaji.

 no 1: ada 12 x.

ﻭﺭﺩ ﻟﻔﻆ ﺍﻟﺤﺞ ﻭﻣﺸﺘﻘﺎﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺛﻨﺘﻲ ﻋﺸﺮﺓ ﻣﺮﺓ:ﺍﻵﻳﺔ )189 ( ﻣﻦ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ ﻭﻫﻲ ﺑﺪﺍﻳﺔ ﺍﻟﺮﺑﻊ ﺍﻻﺧﻴﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﺰﺏ ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ ﻭﺍﻻﻳﺔ ﻫﻲ ) ) ﻳﺴﺌﻠﻮﻧﻚ ﻋﻦ ﺍﻻﻫﻠﺔ ﻗﻞ ﻫﻲ ﻣﻮﺍﻗﻴﺖ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﻭﺍﻟﺤﺞ ﻭﻟﻴﺲ ﺍﻟﺒﺮ ﺑﺄﻥ ﺗﺄﺗﻮﺍ ﺍﻟﺒﻴﻮﺕ ﻣﻦ ﻇﻬﻮﺭﻫﺎ ﻭﻟﻜﻦ ﺍﻟﺒﺮ ﻣﻦ ﺍﺗﻘﻰ ﻭﺃﺗﻮﺍ ﺍﻟﺒﻴﻮﺕ ﻣﻦ ﺃﺑﻮﺍﺑﻬﺎ ﻭﺍﺗﻘﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻌﻠﻜﻢ ﺗﻔﻠﺤﻮﻥ ( ( ﻭﺗﺘﺤﺪﺙ ﺍﻵﻳﺎﺕ )195-190 ( ﻋﻦ ﻣﻮﺿﻮﻉ ﺍﻟﻘﺘﺎﻝ ﺭﺩﺍ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻌﺪﻭﺍﻥ ﻭﻋﻨﺪ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ ﻭﺳﺒﺐ ﺍﺑﺎﺣﺔ ﺍﻟﻘﺘﺎﻝ ﻭﺍﻟﻘﺘﺎﻝ ﺑﺎﻟﻤﺜﻞ ﻭﻃﻠﺐ ﺍﻻﻧﻔﺎﻕ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺤﺼﻴﻦ . .2 ﺍﻵﻳﺔ )196 ( ﻣﻦ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ ﻭﻳﺮﺩ ﻟﻔﻆ ﺍﻟﺤﺞ ﻓﻴﻬﺎ ﺛﻼﺙ ﻣﺮﺍﺕ ﻫﻲ ) ) ﻭﺃﺗﻤﻮﺍ ﺍﻟﺤﺞ ﻭﺍﻟﻌﻤﺮﺓ ﻟﻠﻪ ( ( ﻭ ) ) ﻓﺈﺫﺍ ﺃﻣﻨﺘﻢ ﻓﻤﻦ ﺗﻤﺘﻊ ﺑﺎﻟﻌﻤﺮﺓ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﺤﺞ ﻓﻤﺎ ﺍﺳﺘﻴﺴﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﻬﺪﻯ ( ﻭ ) ) ﻓﻤﻦ ﻟﻢ ﻳﺠﺪ ﻓﺼﻴﺎﻡ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺞ ﻭﺳﺒﻌﺔ ﺍﺫﺍ ﺭﺟﻌﺘﻢ ( ( ﻓﺎﻻﻳﺔ ﺍﺫﻥ ﻓﻲ ﻃﻠﺐ ﺍﻟﺤﺞ ﻭﺍﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﺘﻤﺘﻊ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﺨﻴﻴﺮ ﺑﺎﻟﺘﻮﺍﻟﻲ . .3 ﺍﻵﻳﺔ )197 ( ﻣﻦ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ ﺃﻳﻀﺎً ﻭﻫﺬﻩ ﺍﻵﻳﺔ ﻣﻊ ﻣﺎ ﻳﻠﻴﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﻵﻳﺎﺕ ﺣﺘﻰ ﺁﻳﺔ )202 ( ﺍﻟﺘﻲ ﻫﻲ ﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻟﺤﺰﺏ ﺗﺒﺤﺚ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺞ ﻣﻦ ﺣﻴﺚ ﺁﺩﺍﺑﻪ ﻭﻣﻨﺎﺳﻜﻪ ﻭﺍﻟﺘﻮﺟﻪ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﻨﺎﺳﻚ ﻭﻳﺮﺩ ﻟﻔﻆ ﺍﻟﺤﺞ ﻓﻲ ﺍﻵﻳﺔ )197 ( ﻓﻘﻂ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺴﻴﺎﻕ ﻭﻳﺮﺩ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻵﻳﺔ ﺛﻼﺙ ﻣﺮﺍﺕ ﺍﻳﻀﺎً ﻭﻫﻲ ﻗﻮﻟﻪ ) ) ﺍﻟﺤﺞ ﺃﺷﻬﺮ ﻣﻌﻠﻮﻣﺎﺕ ﻓﻤﻦ ﻓﺮﺽ ﻓﻴﻬﻦ ﺍﻟﺤﺞ ، ﻓﻼ ﺭﻓﺚ ﻭﻻ ﻓﺴﻮﻕ ﻭﻻ ﺟﺪﺍﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺞ ( (. .4 ﺁﻳﺔ )97 ( ﺳﻮﺭﺓ ﺁﻝ ﻋﻤﺮﺍﻥ ﻭﻓﻲ ﺍﻟﻘﺴﻢ ﺍﻵﺧﻴﺮ ﻣﻦ ﺍﻵﻳﺔ ﻳﺄﺗﻲ ﻗﻮﻟـــﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ) ) ﻭﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺣﺞ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﻣﻦ ﺍﺳﺘﻄﺎﻉ ﺇﻟﻴﻪ ﺳﺒﻴﻼً ( ( ﺑﻌﺪ ﺳﻴﺎﻕ ﺍﻵﻳﺔ )96 ( ﻭﺍﻟﻘﺴﻢ ﺍﻷﻭﻝ ﻣﻦ ﺍﻻﻳﺔ )97 ( ﻣﺒﻴﻨﺔ ﺃﻭﻝ ﺑﻴﺖ ﻭﺿﻊ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﻭﺃﻧﻪ ﺑﺒﻜﺔ ﻭﺍﻧﻪ ﻣﺒﺎﺭﻙ ﻭﻓﻴﻪ ﻣﻘﺎﻡ ﺍﺑﺮﺍﻫﻴﻢ. .5 ﺁﻳﺔ )3 ( ﻣﻦ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺘﻮﺑﺔ ﻭﻫﻲ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ) ) ﻭﺁﺫﺍﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺤﺞ ﺍﻻﻛﺒﺮ ﺃﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺮﻯﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺸﺮﻛﻴﻦ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ ﻓﺎﻥ ﺗﺒﺘﻢ ﻓﻬﻮ ﺧﻴﺮ ﻟﻜﻢ ﻭﺇﻥ ﺗﻮﻟﻴﺘﻢ ﻓﺎﻋﻠﻤﻮﺍ ﺍﻧﻜﻢ ﻏﻴﺮ ﻣﻌﺠﺰﻱ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺸﺮ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻛﻔﺮﻭﺍ ﺑﻌﺬﺍﺏ ﺍﻟﻴﻢ ( ( ﻭﻫﺬﻩ ﺍﻵﻳﺔ ﻻ ﻋﻼﻗﺔ ﻟﻬﺎ ﺍﻟﺒﺘﺔ ﺑﻔﺮﻳﻀﺔ ﺍﻟﺤﺞ ﻭﺍﻧﻤﺎ ﻣﻮﺿﻮﻋﻬﺎ ﺗﺮﺗﻴﺐ ﺍﻟﻌﻼﻗﺔ ﺑﻴﻦ ﻣﺸﺮﻛﻲ ﺍﻟﺠﺰﻳﺮﺓ ﻣﻦ ﺣﻴﺚ ﺍﻻﺳﻼﻡ ﻭﺳﻤﻲ ﺍﻟﺤﺞ ﺍﻷﻛﺒﺮ ﺍﺫ ﻫﻮ ﺃﻭﻝ ﺣﺞ ﺑﻘﻴﺎﺩﺓ ﺍﻻﺳﻼﻡ ﻓﻘﺪ ﻛﺎﻥ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﻣﻴﺮﺍً ﻟﻠﺤﺞ ﺑﺘﻮﻟﻴﻪ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﻟﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﺍﻟﺘﺎﺳﻌﺔ ﻟﻠﻬﺠﺮﺓ ﻭﻛﺎﻥ ﻋﻠﻲ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻣﺒﻠﻐﺎً ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻮﺍﺕ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻋﻼﻥ ﺻﺪﺭ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺘﻮﺑﺔ ﻟﻠﻤﺸﺮﻛﻴﻦ ﻭﺍﻋﻄﺎﺋﻬﻢ ﻣﻬﻠﺔ ﺍﺭﺑﻌﺔ ﺷﻬﻮﺭ ﻓﻼ ﺣﺞ ﻟﻬﻢ ﺑﻌﺪ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﺎﻡ ﻓﻬﻮ ﺍﻟﺤﺞ ﺍﻻﻛﺒﺮ ﻓﻌﻼ "

 no 2: 

penyebab penama,an surat haji, menjelaskan kisah tentang nabi ibarhim , dan cara allah merintah nabi ibrahim berdakwah kepada ibadah haji. dan menjelaskan praktek praktek ibadah haji.

ﻭﺳﺒﺐ ﺗﺴﻤﻴﺔ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺤﺞ ﺑﻬﺬﺍ ﺍﻻﺳﻢ ﺫﻛﺮﻩ ﺍﺑﻦ ﻋﺎﺷﻮﺭ ﺃﻳﻀﺎ ﺑﻘﻮﻟﻪ : ﻭﻭﺟﻪ ﺗﺴﻤﻴﺘﻬﺎ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺤﺞ ﺃﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺫﻛﺮ ﻓﻴﻬﺎ ﻛﻴﻒ ﺃﻣﺮ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﺑﺎﻟﺪﻋﻮﺓ ﺇﻟﻰ ﺣﺞ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ ، ﻭﺫﻛﺮ ﻣﺎ ﺷﺮﻉ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﻳﻮﻣﺌﺬ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺴﻚ ﺗﻨﻮﻳﻬﺎ ﺑﺎﻟﺤﺞ ﻭﻣﺎ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ ﻓﻀﺎﺋﻞ ﻭﻣﻨﺎﻓﻊ ، ﻭﺗﻘﺮﻳﻌﺎ ﻟﻠﺬﻳﻦ ﻳﺼﺪﻭﻥ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻧﺰﻭﻟﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﻳﻔﺮﺽ ﺍﻟﺤﺞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺑﺎﻻﺗﻔﺎﻕ ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﺤﺞ ﺑﺎﻵﻳﺎﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﻓﻲ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ ﻭﻓﻲ ﺳﻮﺭﺓ ﺁﻝ ﻋﻤﺮﺍﻥ . ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ : ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺠﻤﻬﻮﺭ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺴﻮﺭﺓ ﺑﻌﻀﻬﺎ ﻣﻜﻲ ﻭﺑﻌﻀﻬﺎ ﻣﺪﻧﻲ ﻭﻫﻲ ﻣﺨﺘﻠﻄﺔ ، ﺃﻱ ﻻ ﻳﻌﺮﻑ ﺍﻟﻤﻜﻲ ﺑﻌﻴﻨﻪ ، ﻭﺍﻟﻤﺪﻧﻲ ﺑﻌﻴﻨﻪ . ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﻋﻄﻴﺔ : ﻭﻫﻮ ﺍﻷﺻﺢ . ﺍﻧﺘﻬﻰ .

Wallohu a'lam bis showab

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah