Sejumlah Makanan yang Harus Dihindari Ketika Memberikan MPASI Kepada Bayi

 
Sejumlah Makanan yang Harus Dihindari Ketika Memberikan MPASI Kepada Bayi

LADUNI.ID, Jakarta -   MPASI adalah makanan pendamping ASI. Usia 6 bulan adalah saat yang tepat untuk ibu memulai MPASI. Karena pada usia 6 bulan adalah usia yang cukup untuk kematangan organ-organ pencernaannya. Ketika si Kecil sudah mulai MPASI ternyata ada beberapa makanan yang harus dihindari saat penyajian makanannya. karena jika salah maka bisa berdampak buruk terhadap kesehatan si Kecil seperti kembung, diare, kolik atau tinja berdarah.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat pemberian MPASI :

1. Madu

Sebaiknya madu diberikan pada bayi yang susah berusia 12 bulan ke atas. Dikarenakan madu mengandung bakteri clostridium botulinum yang dapat menyebabkan keracunan.


2. Makanan mentah atau setengah matang

Makanan mentah atau setengah matang masih mengandung bakteri salmonella yang bisa membahayakan kesehatan si Kecil. Makanan tersebut misalnya telur setengah matang, daging setengah matang dan sebagainya.

3. Pemanis buatan, garam dan gula

Pemanis buatan memang tidak dianjurkan untuk diberikan pada si Kecil karena berakibat pada kesehatannya. Gula dan garam bisa diberikan usia 8 bulan ke atas dan harus sesuai takaran. 1/4 sendok teh saja. Atau bisa memberikan bawang putih yang diiris dan daun salam umtuk rasa gurih ketika merebus. Atau bawang bombay untuk menghasilkan rasa yang manis.


4. Susu sapi segar

Sebaiknya susu sapi segar diberikan ketika usia bayi sudah 12 bulan ke atas. Karena kandungan natrium, kalium dan klorida yang sangat tinggi yang dapat membebani ginjal si Kecil. Selain itu kandungan zat besinya juga rendah, sementara bayi 6 bulan ke atas membutuhkan tambahan zat selain dari ASI. Susu sapi juga mengandung protein beta laktoglobulin yang dapat memicu alergi pada sebagian bayi.