Penjelasan tentang Sumur Barhut dan Ruh Orang Kafir

 
Penjelasan tentang Sumur Barhut dan Ruh Orang Kafir

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum. Adakah keterangan bahwa sumur barhut merupakan tempat ruh-ruh orang kafir yang berada di bumi ? Terimakasih. 

 

JAWABAN :

Wa'alaikumsalam warohmatullohi wabarokaatuh. Dijelaskan dalam Kitab Al mu'jam Al kabir - Imam Thobroni :

حَدَّثَنَا  مُوسَى بْنُ هَارُونَ ، وَعَلِيُّ بْنُ سَعِيدٍ الرَّازِيُّ ، قالا : ثنا  الْحَسَنُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي شُعَيْبٍ الْحَرَّانِيُّ ، ثنا  مِسْكِينُ بْنُ بُكَيْرٍ ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ مُهَاجِرٍ ، عَنْ  إِبْرَاهِيمَ بْنِ أَبِي حَرَّةَ ، عَنْ مُجَاهِدٍ ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ  رَضِي اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمَا ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى  اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءُ  زَمْزَمَ فِيهِ طَعَامٌ مِنَ الطُّعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ ، وَشَرُّ  مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءٌ بِوَادِي بَرَهُوتٍ بَقِيَّةُ  حَضْرَمَوْتَ كَرِجْلِ الْجَرَادِ مِنَ الْهَوَامِّ يُصْبِحُ يَتَدَفَّقُ  وَيُمْسِي لا بَلالَ بِهَا " .

Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam- pernah mengabarkan akan keadaan sumur ini dengan sabdanya : " sebaik-baik air di atas permukaan bumi ini adalah air zamzam karna  didalamnya mengandung zat yang dapat mengenyangkan dan obat dari sebuah  penyakit, begitu juga sejelek-jelek air di atas permukaan bumi adalah  air dari sumur barhut yang terletak di hadramaut seperti kumpulan  belalang yang di pagi harinya sumur tersebut memancarkan air kemudian  pada sore harinya mengering yang tidak terdapat berkas basah apapun di  atasnya".

- Faidhul Qodir - Imam Munawi :

(خير ماء) بالمد (على وجه الأرض ماء) ببئر (زمزم فيه طعام من الطعم) كذا  في نسخة المصنف بخطه وفي رواية طعام طعم بالإضافة والضم أي طعام إشباع أو  طعام شبع من إضافة الشيء إلى صفته والطعم بالضم الطعام (وشفاء من السقم)  كذا في خطه وفي رواية شفاء سقم بالإضافة  أي شفاء من الأمراض إذا شرب بنية صالحة رحمنية (1) وفيه تقوية لمن ذهب إلى  تفضيله على ماء الكوثر قال المصنف في الساجعة: وبها أي ببئر زمزم تجتمع  أرواح الموتى ممن أسلم (وشر ماء) بالمد (على وجه الأرض ماء) بالمد (بوادي  برهوت) أي ماء بئر بوادي برهوت بفتح الباء والبئر بئر عميقة بحضرموت لا  يمكن نزول قعرها وقد تضم الباء وتسكن الراء وهي المشار إليها بآية {وبئر  معطلة} (بقية حضرموت كرجل الجراد من الهوام تصبح تتدفق وتمسي لا بلال لها)  قال الزمخشري: برهوت بئر بحضرموت يقال إن بها أرواح الكفار واسم للبلد التي  فيها هذا البئر أو واد باليمن اه في الفردوس عن الأصمعي عن رجل من أهل  برهوت أنهم يجدون الريح المنتن الفظيع منها ثم يمكثون حينا فيأتيهم الخبر  بأن عظيما من الكفار مات فيرون أن الريح منه وفيه أنه يكره استعمال هذا  الماء في الطهارة وغيرها وبه قال جمع شافعية <تنبيه> أخذ بعضهم من  قوله خير ماء على وجه الأرض أن ماء زمزم أفضل من الماء النابع من أصابع  المصطفى صلى الله عليه وسلم وأجيب بأن مراده الماء الموجود حال قوله ذلك  والماء النابع من الأصابع لم يكن موجودا حينئذ بل وجد بعد وأنت خبير بأنه  إنما يتجه إن ثبتت هذه البعدية بتأخر التاريخ لما هو مقرر في الناسخ  والمنسوخ وأتى بذلك

(طب عن ابن عباس) قال الهيثمي: رجاله  ثقات وصححه ابن حبان وقال ابن حجر: رواته موثوقون وفي بعضهم مقال لكنه قوي  في المتابعات وقد جاء عن ابن عباس من وجه آخر موقوفا

- Atsarul Bilaad wa Akhbarul 'Ibaad :

الجابية  قرية  من قرى دمشق، بها تل يسمى تل الجابية، بها حيات صغار نحو الشبر كثيرة  النكاية، يسمونها أم الصويت لأنها إذا نهشت صوت اللديغ صوتاً خفياً ومات  لوقته، وروي عن ابن عباس أنه قال: أرواح المؤمنين بالجابية بأرض الشام،  وأرواح الكفار ببرهوت بأرض حضرموت، وقد مر ذكرها في حضرموت.

Diriwayatkan  oleh ibnu abbas ra : Arwah orang mu'min itu di jabiyah - negeri Syam,  dan arwah orang kafir di lembah/sumur barhut - di hadhoromaut - yaman  selatan. https://shamela.ws/browse.php/book-9631/page-172

Sedikit cerita tentang sumur barohut (Wallohu a'lam)

Lembah barhut adalah sebuah lembah yang terdapat di provinsi hadramaut  tepatnya disebuah lembah yang berdekatan dengan lembah yang bernama  hud,kira-kira dapat ditempuh dengan perjalan 2 jam dari kota  tarim,provinsi hadramaut dengan lintasan arah menuju provinsi mahroh  yaman selatan. Di daerah tersebut terdapat sebuah sumur  yang mempunyai luas kira-kira mencapai 100 meter persegi dan mempunyai  kedalaman yang sangat gelap yang mempunyai kedalaman sekitar 250 meter.

Dan kata "barhut" menurut bahasa himyar kuno ( sebuah dinasti yang pernah berkuasa di yaman) bermakna : " kota nya bangsa jin ". Dinamakan  dengan penamaan di atas dikarenakan pernah ada seorang raja dinasti  himyar kuno yang menggali sumur ini dengan tujuan untuk menyembunyikan  harta karunnya dengan bantuan jin, hal ini dibenarkan  oleh syaikh umar mushoibah salah satu ulama kota tarim hadramaut yang  pernah turun langsung untuk mengetahui akan hakikat sumur tersebut dan  dikarenakan memang banyaknya makhluq dari kalangan jin di lembah  tersebut. Pernah seseorang yang telah menyaksikan sumur ini bercerita : "  suatu yang hal mengagetkan yang belum bisa saya percayai bahwa jika  saja saya tidak melihat dengan kepala saya sendiri dengan jelas dan  begitu juga temanku menyaksikan tentang bagian dari sumur ini, maka  tergambar jelaslah bahwa didalam sumur ini memancar air yang seakan-akan  itu adalah suatu sungai yang mengalir terdengar jelas suara aliran  airnya dan keraguan".

Sumur  Barhut adalah sebuah sumur yang berbentuk gua yang berada di lembah Barhut, di sekitar makam Nabi Hud Alaihi wa sallam. Sumur atau telaga ini sudah menjadi perbincangan para ulama sejak dahulu hingga sekarang ini. Karena tidak  adanya informasi valid tentang sejarah awal mula berlakunya telaga  barhut tersebut. Sehingga banyak beragam macam cerita tentang telaga Barhut ini. Dalam kitab at-Taisir bisyarh al-Jami’  ash-Shaghir disebutkan bahwa sumur Barhut adalah  sumur yang sangat  dalam di Hadhramaut, tidak ada yang sanggup menuruni sampai kedasarnya.  ini berarti sumur Barhut tidak bisa diukur kedalamannya jika dilakukan  dengan turun kedalamnya, Mungkin yang dimaksud oleh ulama adalah tidak  ada yang mampu menuruninya tanpa bantuan peralatan apapun atau dengan  paralatan sederhana di jaman dulu, namun dengan kecanggihan peralatan  dan teknologi saat ini kedalamannya sudah dapat diukur, karena menurut  keterangan “indo.hadhramaut.info” kedalaman sumur barhut itu 600 kaki,  lebar 450 kaki, dan panjangnya 120 kaki. Di antara hadits dan atsar yang menginformasikan tentang telaga Barhut adalah hadits marfu’ berikut dari Ibnu Abbas :

خَيْرُ  مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ ، وَفِيهِ طَعَامٌ مِنَ  الطُّعْمِ ، وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ ، وَشَرُّ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ  الأَرْضِ مَاءٌ بِوَادِي بَرَهُوتَ بِحَضْرَمَوْتَ ، عَلَيْهِ كَرِجْلِ  الْجَرَادِ مِنَ الْهَوَامِّ ، يُصْبِحُ يَتَدَفَّقُ ، وَيُمْسِي لا بِلالَ  فِيهِ

“ Sebaik-baik air di atas muka bumi ialah air  zam-zam, ia merupakan makanan yang mengenyangkan dan penawar bagi  penyakit dan seburuk-buruk air di atas muka bumi ialah telaga barhut di  Hadramaut …”.[1]

Atsar Anas bin Malik radhiallhu ‘anhu :

عن أنسٍ -رضي الله عنه-: أرواح المؤمنين إلى الجابية، وأرواح الكافرين إلى وادٍ بحضر موت يُقال له بَرَهوت

“  Dari Anas Radhiallahu ‘anhu, “ Ruh kaum beriman (ditempatkan) ke  Jabiyah, dan ruh kaum kafir (ditempatkan) ke bukit Hadramaut yang disebut Barhut “.

Ali bin Abi Thalib juga mengatakan :

خير وادي النّاس وادي مكّة، وشرّ وادي الناس وادي الأحقاف، وادٍ بحضرموت يُقال له: برهوت فيه أرواح الكفّار

“  Sebaik-baik bukit manusia adalah bukit di Makkah, dan seburuk-buruk  bukit manusia adalah bukit al-ahqab yaitu bukit di Hadramaut yang  disebut dengan Barhut, di dalamnya terdapat ruh kaum kafir “.

Abdullah bin Umar mengatakan :

إن أرواح الكفار تجمع ببرهوت، سبخة بحضرموت، وأرواح المؤمنين في الجابية، برهوت باليمن، والجابية بالشام

“  Sesungguhnya ruh kaum kafir dikumpulkan di Barhut, sebuah lembah di  Hadramaut. Dan ruh mukmin di Jabiyyah. Telaga Barhut ada di Yaman dan  Jabiyah ada di Syam “.

Dari riwayat-riwayat di atas, menghasilkan kesimpulan sebagai berikut :

1.  Telaga atau sumur Barhut memang ada di muka bumi ini. Airnya adalah  seburuk-buruk air di muka bumi ini. Dan juga seburuk-buruk telaga.

2. Telaga Barhut berada di suatu lembah di Hadramaut.

3. Ruh kaum kafir ditempatkan setelah meninggal di telaga Barhut, sebagaimana ruh kaum mukmin di Jabiyah di Syam.

Di manakah ruh kaum kafir bertempat ? Berikut fatwa Ibnu Hajar al-Haitami :

وذكر  ابن رجب أن الأنبياء صلوات الله وسلامه عليهم تكون أرواحهم في أعلى عليين ،  ويؤيده قوله ( صلى الله عليه وسلم ) : ( اللهمّ الرفيق الأعلى ) ، وأكثر  العلماء أن أرواح الشهداء في أجواف طيور خضر لها قناديل معلقة بالعرش تسرح  في الجنة حيث تشاء كما في مسلم وغيره ، وأما بقية المؤمنين فنص الشافعي رضي  الله عنه ورحمه على أن من لم يبلغ التكليف منهم في الجنة حيث شاؤوا فتأوي  إلى قناديل معلقة بالعرش ، وأخرجه ابن أبي حاتم عن ابن مسعود ، وأما أهل  التكليف ففيهم خلاف كثير : عن أحمد أنها في الجنة ، وعن وهب أنها في دار  يقال لها : البيضاء في السماء السابعة ، وعن مجاهد أنها تكون على القبور  سبعة أيام من يوم دفن لا تفارقه أي ثم تفارقه بعد ذلك ، ولا ينافيه سنية  السلام على القبور لأنه لا يدلّ على استقرار الأرواح على أفنيتها دائماً  لأنه يسلم على قبور الأنبياء والشهداء وأرواحهم في أعلى عليين ولكن لها مع  ذلك اتصال سريع بالبدن لا يعلم كنهه إلا الله تعالى .

وأخرج ابن أبي الدنيا عن مالك : ( بلغني أن الأرواح مرسلة تذهب حيث شاءت ) .

وعن ابن عمر رضي الله عنهما نحوه .

وحديث  : ( ما من أحد يمر بقبر أخيه المؤمن كان يعرفه في الدنيا فيسلم عليه إلا  عرفه وردّ عليه السلام ) وحديث : ( الجريدتين ) لا يدلان على أن الروح على  القبر نظير ما مر لأن الذي دل عليه إنما هو حقيقته النفسانية المتصلة  بالروح ، وقيل : إنها تزور قبورها يعني على الدوام ولذا سن زيارة القبور  ليلة الجمعة ويومها وبكرة السبت انتهى .

ورجح ابن عبد البرّ : أن أرواح غير الشهداء في أفنية القبور تسرح حيث شاءت .

وقالت فرقة : تجتمع الأرواح بموضع من الأرض .

كما  روي عن ابن عمر قال : أرواح المؤمنين تجتمع بالجابية وأما أرواح الكفار  فتجتمع بسبْخة حضرموت يقال لها برهوت ولذا ورد : ( أبغض بقعة في الأرض واد  بحضرموت يقال له برهوت فيه أرواح الكفار ) وفيه بئر ماء يرى بالنهار أسود  كأنه قيح يأوي إليها بالنهار الهوام .

قال سفيان : وسألنا الحضرميين فقالوا : لا يستطيع أحد أن يثبت فيه بالليل ، والله سبحانه أعلم .

Terjemahan secara bebas (global) :

-  Ibn Rajab menyebutkan bahwa ruh oara Nabi alaihimus salam berada di  atas ‘illiyyin. Dan dikuatkan oleh sabda Nabi : “ Ya Allah Rafiq yang  tertinggi “.

- Mayoritas ulama berpendapat bahwa ruh  para syahid  di tempatkan didalam perut burung hijau yang suwaktu-waktu  terbang ke surga.

Adapun ruh kaum mukmin, maka berikut beberapa pendapat :

1.Menurut pendapat imam Syafi’i, roh orang mukmin yang belum mukallaf  akan ditempatkan dalam lentera yang tergantung didinding Arsy dan  suwaktu-waktu bisa pergi ke surga.

2.Sedangkah roh orang mukmin yang sudah mukallaf menurut Imam Ahmad akan ditempatkan dalam surga.

3.Menurut Syekh Wahab, roh tersebut akan ditempatkan dalam rumah putih yang berada di atas langit yang ketujuh.

4.Lain halnya dengan pendapat Imam Mujahid, menurut beliau roh-roh  tersebut selama seminggu setelah kematian akam berada di sekitar, baru  kemudian dipindahkan ke tempat lain.

5.Dan menurut  sumber yang ditarjih oleh Imam Ibnu Abdil Bar mengatakan bahwa roh orang  mukmin selain para Syuhada’ bersemayam di sekitar kuburan mereka namun  diberi kebebasan pergi kemanapun sekehendak mereka.

6.Dan menurut beberapa kelompok ulama lainnya menjelaskan bahwa roh mereka  ditempatkan disuatu tempat dimuka bumi ini yaitu kolam yang sangat  besar. Sedangkan roh orang-orang kafir ditempatkan suatu daerah yang  bernama Barhut yaitu tempat yang sangat angker, tandus dan tak bertuan  di kawasan Hadhro Maut. Imam Sufyan mengatakan : “ Tidak seorang pun  akan mampu tidur malam di dekat Barhut tersebut “. Wa Allahu A’lam.

Kesimpulan  dari fatwa Ibn Hajar al-Haitami adalah bahwa para ulama berbeda  pendapat mengenai tempat ruh orang mukmin dan orang kafir setelah  wafatnya. Dengan demikian, ini adalah masalah furu’ di mana para ulama  masih berbeda pendapat tentang ini. Bahkan Ibnul  Qayyim membantah ucapan Ibn Hazm yang menolak pendapat ulama yang  mengatakan bahwa ruh kaun kafir berada di telaga barhut, maka Ibnul  Qayyim membantahnya :

وليس – الأمر – كما قال ، بل قد  قاله جماعةٌ من أهل السنة ,قال أبو عبد الله بن منده : وروي عن جماعةٍ من  الصحابة والتابعين أنّ أرواح المؤمنين بالجابية … والكافرين ببرهوت

“  Tidaklah demikian, bahkan pendapat itu telah dikatakan oleh sekelompok  ulama Ahlus sunnah. Abu Abdillah bin Mandah mengatakan : “ Diriwayatkan  dari sekelompok sahabat dan tabi’in, bahwa ruh kaum mukmin berada di  Jabiyah…..dan ruh kafir berada di Barhut “.

Pendapat ini juga dirajihkan oleh al-Qadhi Abu Ya’la al-Hanbali dalam kitabny al-Mu’tamad. Al-Hafidz Ibnu Rajab mengatakan :

ورجّحت  طائفة من العلماء أنّ أرواح الكفارببئر برهوت ، منهم القاضي أبو يعلى من  أصحابنا في كتابه  المعتمد والبربهاري في شرح السنة ص : 91وهو مخالف لنص  أحمد أنّ أرواح الكفّار في النار ، ولعلّ لبئربرهوت اتصالاً في جهنم في  قعرها ، والله أعلم

“ Sekelompok ulama merajihkan  bahwasanya ruh kaum kafir berada di sumru Barhut, di antaranya adalah  Al-Qadhi Abu Ya’la dari ashab kami (hanabilah) dalam kitabnya  al-Mu’tamad dan al-Barbahari dalam Syarh as-Sunnah (halaman : 91), ini  bercanggah dengan nash imam Ahmad bahwa ruh kaum kafir di neraka.  Mungkin sahaja telaga Barhut menyambung ke neraka Jahannam di dasarnya.

Imam Suyuthi mengatakan :

وفي  كتاب حكايات لأبي عمر أحمد بن محمد النيسابوري حدثنا ابو بكر بن محمد بن  عيسى الطرطوسي حدثنا حامد بن يحيى بن سليم قال : كان عندنا رجل بمكة من أهل  خراسان يودع الودائع فيؤديها فأودعه رجل عشرة آلاف دينار وغاب وحضر  الخراساني الوفاة فما ائتمن أحدا من  أولاده فدفنها في بعض بيوته ومات فقدم الرجل وسأل بنيه فقالوا : ما لنا بها  علم فاسأل العلماء الذين بمكة وهم يومئذ متوافرون فقالوا : ما نراه إلا من  أهل الجنة وقد بلغنا أن أرواح أهل الجنة في زمزم فإذا مضى من الليل ثلثه  أو نصفه فأت زمزم فقف على شفيرها ثم ناده فإنا نرجو أن يجيبك فإن أجابك  فاسأله عن مالك فذهب كما قالوا فنادى أول ليلة وثانية وثالثة فلم يجب فرجع  إليهم فقال : ناديت ثلاثا فلم أجب ؟ فقالوا : إنا لله وإنا إليه راجعون ما  نرى صاحبك إلا من أهل النار فاخرج إلى اليمن فإن بها واديا يقال له : برهوت  فيه أرواح أهل النار فقف على شفيرها فناده في الوقت الذي ناديت في زمزم  فذهب كما قيل له في الليل فنادى يا فلان بن فلان فأجابه من أول صوت فقال له  : ويحك ما أنزلك ها هنا وقد كنت صاحب خير ؟ قال : كان لي أهل بخراسان  فقطعتهم حتى مت فأخذني الله فأنزلني هذا المنزل وأما مالك فإني لم آمن عليه  ولدي وقد دفنته في موضع كذا فرجع صاحب المال إلى مكة فوجد المال في المكان  الذي أخبره

“ Dalam kitab Hikayat karya Abi Amar  Ahmad bin Muhammad an-Naisaburi, mengatakan : Telah menceritakan pada  kami Abu Bakar bin Muhammad bin Isa ath-Thurthusi, telah menceritakan  pada kami Hamid bin Yahya bin Sulaim, ia berkata : “ Konon di sisi kami  ada seorang di Makkah dari Khurasan  yang sering diamanati oleh orang  dengan berbagai titipan dan selalu dilaksanakan (dengan baik). Lalu  suatu hari ada sesorang yang menitipkan padanya 1000 Dinar, dan pergi.  Maka orang khurasan itu wafat dan tidak menitipkan titipan itu kepada  seorang pun dari anak-anaknya. Tapi ia malah memendamnya di dalam  rumahnya.  Maka orang yang menitipkan datang ke rumahnya dan bertanya  kepada anak-anaknya, akan tetapi mereka tidak mengetahuinya sama sekali.  Maka ia bertanya kepada para ulama Makkah, dan mereka menjawab,”  insya  Allah termasuk ahli surga, telah sampai pada kami bahwasanya ruh ahlis  surga berada di zamzam, Apabila separuh malam telah berlalu, mendekatlah  ke sumur zamzam, lihatlah dan panggil namanya. Kami berharap ia  menjawab panggilanmu”. Maka orang itu pergi Maka orang itu mengikuti  nasehat mereka, mendatangi sumur Zamzam dan memanggilnya. Namun tidak  ada jawaban. Karenya ia kembali kepada mereka dan menceritakannya.  Mereka berkata “ Innaa lillahi wa iinnaa ilaihi raaji’uun, kami khawatir  jangan-jangan temanmu itu termasuk penghuni neraka. Pergilah ke tanah  Yaman, di sana ada sebuah sumur yang diberi nama sumur Barhut. Katanya  sumur itu berada di tepi jahannam. Lihatlah di waktu malam dan  panggillah temanmu. Jika ia termasuk penghuni neraka, ia akan menjawab  panggilanmu itu “.

Maka orang itu pun berangkat ke  Yaman dan bertanya-tanya tentang sumur itu. Seseorang menunjukkannya dan  ia pun mendatanginya di malam hari. Ia melihat ke dalamnya dan berseru “  Hai fulan !” Ada jawaban. Ia bertanya “ Di mana uangku ? “. Temannya  itu menjawab “ Aku tanam di bagian anu dalam rumahku. Aku memang belum  memberitahukannya kepada anakku. Galilah pasti kamu mendapatkannya “.  Orang itu bertanya kembali “ Apa yang menyebabkanmu berada di sini ?  padahal menurut prasangka kami kamu adalah seorang yang baik ”. Ia  menjawab “ Aku punya seorang saudara perempuan yang faqir. Aku  menjauhinya dan tidak menaruh belas kasihan kepadanya. Maka Allah  menghukumku dan merendahkan kedudukanku seperti ini “.

Analisa sanad :

Sanad  kisah di atas dari Abu Umar Ahmad bin Muhammad an-Naisaburi dari Bakar  bin Muhammad bin Isa ath-Thurthusi dari Hamid bin Yahya dari Yahya bin  Sulaim.

1. Abu Umar Ahmad bin Muhammad an-Naisaburi  (wafat 427 H). Seorang ulama ahli tafsir. Soerang ulama pakar dalam  masalah ilmu al-Quran di zamannya. Seorang hafidz dan tsiqah.

2.  Abu Bakar bin Muhammad bin Isa ath-Thurthusi (wafat 276 H). seorang  hafidz, ahli hadits, pengembara. Ibnu Adi menilainya termasuk perawi  yang mencuri hadits.[10] Al-Hakim mengatakan, “ Ia termasuk perawi  masyhur dengen pengembaraan, kepahaman dan kestabitan “.

3. Hamid bin Yahya al-Balkhi (wafat 242 H). Beliau dinilai tsiqah oleh al-Haitsami dalam Majma’ az-Zawaidnya.

4.  Yahya bin Sulaim ( wafat 194 H). Yahya bin Ma’in menilai adil padanya  dan haditsnya boleh ditulis. Ibnu Sa’ad menilainys tsiqah. Ibnu  Hibban memasukkannya ke dalam ast-tsiqaatnya dan mengatakan yukhti (dia  keliru). Sedangkan imam Ahmad meninggalkan haditsnya karena dinilai banyak keliru.

Penjelasan :

Kemungkinan  imam Suyuthi tersilap menulis sanadnya, bukan Hamid bin Yahya bin  Sulaim, akan tetapi yang benar adalah Hamid bin Yahya dari Yahya bin Sulaim, sebagaimana riwayat dalam kitab Tanbih al-Ghafilin. Ada  jarak Antara Abu Umar Ahmad bin Muhammad an-Naisaburi (wafat 427 H) dan  Abu Bakar bin Muhammad bin Isa ath-Thursusi (wafat 276 H). tidak  diketahui kapan imam Ahmad an-Naisaburi dilahirkan, sehingga tidak bisa  diketahui apakah beliau bertemu dengan Abu Bakar ath-Thursusi.  Melihat  jarak yang lumayan jauh, kemungkinan beliau tidak berjumpa, sehingga  riwayatnya terputus. Terlebih Abu Bakar ath-Thursusi dinilai pencuri  hadits oleh Ibnu Adi. Meskipun al-Hakim menilainya tsabit. Maka  melihat sanadnya, riwayat kisah di atas dhaif untuk sementara kerana  kita akan melanjutkan pada pengkajian jalur riwayat lainnya jika memang ada.

Imam Suyuthi menaqal kisah yang hampir sama dengan kisah di atas dari Ibnul Qayyim berkaitan telaga barhut berikut ini :

وأخرج ابن أبي الدنيا في كتاب القبورعن عمر بن سليمان قال: “مات رجل من  اليهود وعنده وديعة لمسلم، وكان لليهودي ابن مسلم فلم يعرف موضع الوديعة،  فأخبر شعيباً الجبائي فقال: “ائت برهوت، فإن دونه عين تسبت، فإذا جفت في  يوم السبت فامش عليها حتى تأتي عينا هناك فادع أباك، فإنه سيجيبك فاسأله  عما تريد”. ففعل ذلك الرجل، ومضى حتى أتى العين، فدعا أباه مرتين، أو  ثلاثاً، فأجابه فقال: “أين وديعة فلان؟”، قال: تحت أسكفة الباب، فادفعها  إليه، والزم ما أنت عليه

Telah dikeluarkan oleh Ibnu  Abi ad-Dunya di kitab al-Qubur dari Umar bin Sulaiman, “ Telah mati  seorang lelaki di kalangan Yahudi, sedangkan beliau pernah menyimpan  barangan bagi seorang Islam. Orang Yahudi tersebut mempunyai seorang  anak yang beragama Islam, dan dia tidak mengetahui di mana diletakkan  barang simpanan tersebut, lalu dia bertanya kepada Syu’aib al-Jubba’i,  kemudian katanya: “Pergilah kamu ke Barhut, dan sebelumnya ada mata air  yang tenang. Apabila ia kering pada hari Sabtu, lintasilah ia sehingga  kamu sampai ke satu mata air telaga di sana. Kemudian serulah nama  ayahmu, nescaya ia akan menjawab panggilanmu. Ketika itu tanyalah  daripada apa yang kamu mahu”. Lantas lelaki tersebut pun melakukan  suruhan Syeikh Syu’aib itu dengan pergi ke mata air tersebut, seterusnya  menyeru nama ayahnya dua kali atau tiga kali. Selepas itu ayahnya  menjawab dan dia bertanya: “Di manakah barang simpanan si fulan itu?”  Jawab ayahnya: “Di bawah bendul pintu, maka serahkanlah barang tersebut  kepadanya dan kekallah kamu di atas keadaan kamu sekarang ini (iaitu  kekal di dalam Islam).”

Jika kita melihat langsung dalam kitab ahwal al-Qubur, maka disebutkan sanadnya sebagai berikut :

وقال ابن أبي الدنيا حدثنا الحسن بن عبد العزيز حدثنا عمرو بن أبي سلمة عن عمر بن سليمان

“  Berkata Ibnu Abdi ad-Dunya, telah menceritakan pada kami al-Hasan bin  Abdul Aziz, telah menceritakan pada kami ‘Amar bin Abi Salamah dari Amr  bin Sulaiman …”.

Analisa Sanad :

1.  Ibnu Abdi Dunya. Pelajar hadits pasti mengenal siapa beliau, adalah Abu  Bakar Abdullah bin Muhammad bin Ubaid Ibnu Abi Ad-Dunya, lahir di  Bagdad pada tahun 201 H/823 M dan meninggal pada tahun 281 H/894 M. Ibnu  Abi Ad-Dunya dikenal sebagai pakar hadits pada zamannya, disamping  sebagai pakar hadits ia juga dikenal sebagai seorang pemberi petuah  ulung.

2. al-Hasan bin Abdul Aziz (w. 257 H). Abu Hatim menilainya tisqah bahkan ad-Daruquthni menilainya di atas tsiqah.

3.  ‘Amr bin Abi salamah (w 214 H). AS-Saji dan Ibnu Ma’in mendahifkannya,  Abu Hatim mengatakan “ Tidak dijadikan hujjah dengannya “. Al-Uqaili  mengatakan, “ Dalam Haditsnya ada wahm “. Akan tetapi Ibn Hibban  menyebutnya dalam kalangan at-Thiqat. Ibn Yunus dan al-Walid bin Muslim  mengatakannya thiqah.

4. Umar bin Sulaiman (w 157 H). an-Nasai dan Yahya bin Ma’in menilainya tsiqah. Dan menurut Abu Hatim dia adalah shalih.

Kesimpulan riwayat kisah di atas adalah dhaif, sebab lemahnya perawi ‘Amr bin Abi Salamah. Perbedaan  para ulama berkaitan tentang tempat ruh kaum kafir dan mukmin setelah  meninggalnya, tidak menjadikan hal ini suatu kesalahan dari berapa  pendapat ulama lainnya. Sebab masing-masing memiliki dalil dan hujjah,  tidak sepatutnya menyatakan pendapat ini atau itu yang paling benar. Wallahu a’lam

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah