Perancis Larang Pegawai Pemerintah Untuk Memakai WhatsApp

 
Perancis Larang Pegawai Pemerintah Untuk Memakai WhatsApp

LADUNI.ID - Pekan lalu, Pemerintah Perancis mengumumkan sebuah aplikasi pesan instan bikinan dalam negeri yang diberi nama Tchap. Nama "Tchap" sendiri diambil dari ilmuwan, Claude Chappe, penemu sistem telegraf optis yang diterapkan di seluruh Perancis antara tahun 1792 hingga 1850, sebelum digantikan sistem telegraf listrik. 

Aplikasi ini dibuat sebagai pengganti WhatsApp dan Telegram, hanya pegawai pemerintah Perancis saja yang dapat melakukan sign-up untuk membuat akun, aplikasi tersebut tidak diberikan untuk semua kalangan.

Server Tchap berlokasi di dalam negeri Perancis, tidak disimpan di server luar negeri, seperti halnya pada WhatsApp dan Telegram sehingga rentan diintip pihak asing. Tchap ini dimaksudkan untuk komunikasi antar pegawai dan instansi pemerintah Perancis.

Namun, pada hari yang sama dengan rilisnya tanggal 18 April lalu, sebuah bug keaamanan ditemukan di Tchap. Bug ini memungkinkan orang di luar kalangan pemerintah membuat akun dan menggunakan Tchap. Kemudian, di hari yang sama setelah bug itu ditemukan, pihak pengembang Tchap langsung memperbaiki celah tersebut, seperti dikutip dari ZDNet, Senin (22/4/2019).

Aplikasi Tchap kini dapat diunduh di toko aplikasi Android, Google Play Store dan Apple App Store untuk iOS. Sedangkan untuk mengakses Tchap dari peramban web sedang disiapkan.

Aplikasi Tchap merupakan open soucer, Pemerintah Perancis memberikan semua code program Tchap di repositori GitHub, sehingga pihak lain bisa membuat aplikasi serupa untuk keperluan internal.