Buah Alpukat kaya Manfaat bagi Ibu Hamil dan Janin

 
Buah Alpukat kaya Manfaat bagi Ibu Hamil dan Janin

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagian orang berpikir  buah alpukat dapat menyebabkan kegemukan, karena alasan lemak yang terkandung di dalamnya. Padahal anggapan tersebut salah besar. Akan tetapi  alpukat merupakan buah yang tinggi akan asam folat. Sementara asam folat tersebut sangat dibutuhkan bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. 

Ibu hamil muda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat, mengingat asam folat dapat memproduksi serta mempertahankan sel-sel baru di awal kehamilan seorang wanita. Kemudian, asam folat juga telah terbukti menurunkan risiko cacat lahir seperti yang diungkapkan oleh seorang dokter anak  dari University of Louisville School of Medicine, Kentucky, dan juru bicara American Academy of Pediatrics, Joseph Hersh, M.D.

Selain mengandung asam folat tinggi, buah alpukat juga memiliki sejumlah manfaat lain yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Berikut penjelasannya :  

1. Kaya akan lemak baik
Satu buah alpukat mengandung 177 kalori di dalamnya. Lemak jenuh di dalam alpukat akan menumbuhkan membran sel pada janin. Jutaan sel baru pun bertumbuh seiring munculnya membran yang terbuat dari lemak.

2. Mengandung banyak vitamin
Buah yang satu ini juga kaya akan vitamin, diantaranya  vitamin K, asam folat, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin E. Selain itu juga kaya zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3.

3. Mencegah anemia
Kebanyakan ibu hamil mengalami kekurangan zat besi selama masa kehamilan yang bisa mengakibatkan anemia. Sementara, alpukat sendiri kaya akan zat besi. Sehingga sangat baik mengkonsumsi alpukat selama hamil.

4. Mengurangi radang pencernaan
Khasiat lain yang dimiliki alpukat adalah dapat mengurangi peradangan. Hak ini dikarenakan alpukat mengandung karotenoid yang termasuk dalam beta karoten dan likopen yang berfungsi mengurangi peradangan pada ambung dan peradangan lapisan mukosa pada usus halus.

Semoga bermanfaat.