Biografi KH. M. Chaedar, Muasis Pesantren Nurul Falah, Pandeglang

 
Biografi KH. M. Chaedar, Muasis Pesantren Nurul Falah, Pandeglang

 

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3 Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau

3.    Penerus Beliau
3.1  Murid-murid Beliau
3.2  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Mendirikan Lembaga Pendidikan Islam
4.2  Karier Beliau
 

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Moch. Chaidar dilahirkan di Kp. Cigodeg kecamatan petir kabupaten serang, pada tanggal 5 Juli 1923. beliau merupakan putra kedua dari kelima bersaudara keturunan dari pasangan KH. Moch Emed Zuhri dan Ny. Hj.Mahdiyah

KH. Moch Emed Zuhri adalah sosok pejuang yang religius membela agama Islam pada masa penjajahan sehingga oleh Tentara Belanda beliau diasingkan ke Digul, Papua. Beliau seorang Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Falah di Cigodeg, Petir. Jadi, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Sehingga KH. Moch Chaedar Zuhri menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Falah di Kaungcaang.

Sebelum Ayahandanya dibawa oleh Tentara Belanda ke Digul, beliau menitipkan KH. Moch Chaedar kepada salah satu santrinya yaitu KH. Azhari berasal dari Desa Cimeong, Baros. Dengan alasan karena KH. Azhari adalah salah satu santri yang paling dekat dengan Ayahanda KH. Moch Chaedar , sehingga kebaikan KH. Azhari tidak diragukan lagi.

1.2 Wafat
Pada tahun 1999, Mama mulai sakit sampai dibawa ke Rumah Sakit Umum Serang dan dirawat selama 17 (tujuh belas) hari serta di ICU selama 5 (lima) hari. Menurut dokter, Mama mengidap penyakit serangan jantung.

Beberapa hari sebelum Mama menghembuskan nafas terakhir pada hari Senin, 1 Juni 2008 jam 10:00 WIB beliau memanggil Pak Baihaqi Aziz, Ibu Mujayanah, Bapak Ustadz Saju serta cucu.

Beliau berpesan kepada mereka dengan menggunakan bahasa sunda : “barudak (santri) ulah ditinggalkeun”.

Ketika detik-detik menjelang sakaratul maut beliau masih bisa berkomunikasi dengan baik kendati kondisinya sudah kritis ingatannya masih baik, beliau masih hafal kepada orang-orang yang ingin ditemuinya yaitu, H. Subandi dan H. Fachri (putera pertama) dan masih sempat bercanda dengan santri-santri.

Pada hari Rabu, 3 Juni 2008 M/ 29 Jumadil Awal 1929 H, Kota Pandeglang kehilangan salah satu putera terbaiknya yang telah banyak memberikan kontribusinya di bidang keagamaan, beliau menghembuskan nafas terakhir pada pukul 14:10 WIB meninggalkan seorang istri, tujuh anak, tujuh menantu, dan sembilan belas cucu.

1.3 Riwayat Keluarga
Setelah mondok dari Cilaku (Cianjur), KH. Moch Chaedar Zuhri pulang ke Cimeong, karena anak seorang Kyai, banyak wanita yang berminat ingin menjadi pendamping hidup beliau. Akhirnya, KH. Moch Emed Zuhri dan KH. Azhari berencana untuk menjodohkan beliau dengan puteri pertama dari KH. Azhari yang bernama Hamdanah binti Arca Wati. Tepat pada hari Jum’at, 10 Maret 1941 KH. Moch Chaedar Zuhri dan Hamdanah menikah dengan perbedaan usia yang cukup jauh. Pada waktu itu, KH. Moch Chaedar Zuhri berusia 18 tahun dan istrinya berusia 9 tahun.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

Sejak usia tiga tahun, KH. Moch Chaedar Sekolah Rakyat (sekarang Sekolah Dasar) di Cigodeg, Petir. Setelah lulus SR, beliau melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Jamiatul Khairiyah, Tanah Abang. Pada masa itu, Pengasuh Pondok Pesantren tersebut adalah KH. Mansur (Kakek dari Ustadz Yusuf Mansur).

Selanjutnya, KH. Moch Chaedar Zuhri melanjutkan ke Pondok Pesantren Riyadul Awwalin di Cangkudu, Baros selama tiga tahun lamanya. Kemudian, beliau melanjutkan di Cilaku (Cianjur), dibawah asuhan KH. Momo selama tiga tahun.

Setelah menikah, beliau kembali mencari ilmu di Plered (Purwakarta), di bawah asuhan Mama KH. Bakrie. Beliau bersama Hamdanah, KH. Azhari, Arca Wati, Sayuti, Dimyati dan Maemanah Ngeli (pindah sementara) pada tahun 1949. Karena suasana di Cimeong dalam keadaan tidak nyaman.[

2.2 Guru-Guru Beliau saat Menuntut Ilmu di antaranya:

  1. KH. Moch Emed Zuhri
  2. Guru KH. Mansyur
  3. KH. Momo
  4. Mama KH. Bakrie Plered Purwakarta

3. Penerus Beliau

3.1 Murid-murid Beliau

Murid-murid KH. Moch Chaedar diantaranya adalah :

  1.  H. Karsa
  2. Ust. Surya
  3. Ust. Ujen
  4. Ust. Muhammad
  5. Ust. Syukur
  6. H. Syamsudin
  7. Ust. Sidiq
  8. Ust. Emi
  9. Ust. H. Samun
  10.  Ust. Rusul
  11. Ust. Suhari
  12. Ust. Makhdum
  13. Ust. Kiming
  14. Ust. Rusdi
  15. Ust. Rusdi
  16. Ust. Sukardi
  17. Ust. Abdul Majid

3.2  Anak Beliau
KH. Fachri

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah 

KH. Moch Chaedar di mata anak-anaknya adalah sosok ayah yang sangat tegas dalam hal pendidikan, terutama dalam menuntut ilmu, KH. Moch Chaedar adalah ulama yang intelek, dimana beliau tidak hanya mengarahkan putra putrinya untuk mencari ilmu untuk kepentingan hidup di akhirat saja akan tetapi juga untuk mencari ilmu untuk kepentingan dunia, karena bagi beliau tidak ada dikotomi ilmu pengetahuan, ilmu itu semuanya sama penting karena semua ilmu tujuannya hanya satu yaitu untuk mentauhidkan Allah terlepas apakah ilmu dunia terlebih ilmu akhirat.

KH. Moch Chaedar yang sering dikenal dengan panggilan Mama Edang adalah sosok kyai yang multitalenta di mata santrinya, beliau adalah tokoh pendidik yang sangat ahli dalam mendidik dan mengajar santri-santrinya, metode mengajar yang pariatif dan tidak membosankan santri-santrinya menjadikan KH. Moch Chaedar bukan hanya dicintai namun juga menjadi idola bagi santri-santrinya.

KH. Moch Chaedar bukan hanya seorang kyai bagi santri-santrinya akan tetapi juga sebagai tokoh masyarakat yang mampu memimpin dan mengayomi masyarakat sekitarnya. Masyarakat mengenal KH. Moch Chaedar karena akhlaknya, KH. Moch Chaedar adalah sosok kyai yang sangat mengistimewakan tamu-tamunya, karakteristik itu membuat beliau disukai dan dihormati.

KH. Moch Chaedar bukan hanya sekedar imam dalam keluarganya, melainkan juga seorang imam bagi santri-antrinya dan juga masyarakatnya terutama masyarakat Kp. Kaungcaang Cadasari Pandeglang, yang mampu mengayomi dan mengajak masyarakatnya kepada jalan yang benar, kharismatik KH. Moch Chaedar terlihat jelas dari akhlaknya yang sangat sopan dan santun, ramah, tawadhu, rendah hari dan masih banyak akhlak-akhlak mulia yang lainnya yang patut dicontoh bukan hanya oleh keluarga dan santri akan tetapi oleh masyarakat luas.

4.1 Mendirikan Pesantren
KH. M. Chaedar mengamalkan ilmunya dan mengabdikan dirinya untuk masyarakat dan mengembangkan pesantren Nurul Falah. Keadaan pondok pesantren Nurul Falah dari tahun ketahun hingga sekarang mengalami kemajuan yang cukup signifikan dengan menerapkan berbagai ilmu pengetahuan yang tidak kalah bersaing dengan pendidikan yang ada pada umumnya.

Untuk mewujudkan niat dan tekadnya merealisasikan visi dan misinya sebagai seorang da’i/pendakwah, pada tahun 1952, beliau mendirikan pondok pesantren atas dukungan masyarakat disekitarnya yang mempelopori dan mendukung terhadap niat KH. M. Chaedar yaitu: H. Akhyar, H.Acuk, H. Anggawi yang ternyata mendapat dukungan yang menggembirakan dari para tokoh masyarakat dan masyarakat Kaungcaang.

Bahkan mereka tidak ragu-ragu untuk mewakafkan tanahnya untuk kepentingan tempat belajar para santri, kemudian pesantren yang di bangun dan dikembangkan oleh KH. M. Chaedar yang terletak di KaungCaang Jalan raya Cadasari-Rego km-2 Pandeglang Banten itu di beri nama pondok pesantren Nurul Falah yang berarti cahaya kemenangan.

Sejak berdirinya pondok pesantren Nurul Falah pada tahun 1952, telah banyak mengalami perubahan ke arah yang lebih baik yang kulturnya kejawaraan dan premanisme menuju kepada masyarakat yang akhlakul karimah, dengan keadaan itu KH. M Chaedar mendapat kepercayaan dari para orang tua di masa itu untuk mengirimkan putra-putrinya untuk menimba ilmu di pondok pesantren Nurul Falah.

Dan dari tahun ketahun hingga kini pesantren Nurul Falah mengalami kemajuan yang begitu progresif dan namanya pun cukup dikenal di wilayah Banten dan luar Banten bahkan sampai ke seberang Jawa yaitu Sumatera, Lampung, dan Palembang yang mempercayakan kepada KH. M. Chaedar oleh pihak orang tua untuk membagi ilmu pengetahuan kepada para santri untuk menimba ilmu agama.

4.2 Karier Beliau

Karier Profesional

  1. Pegawai Negeri Sipil Departemen Penerangan Agama di Baros
  2. Pengasuh Pesantren

5. Referensi

Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs:
https://repository.uinjkt.ac.id

 

                        

 

 

                  

               
                       

                  

 

                         

 

                       

             

                       

               

                         

             

                         

             

                         

     

                     

             

 

 

                         

 

                     

                     

                   

                     

               

               

                            

                 

                     

                            

              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya