Abah Iswadi Laweung: Pinanglah Ramadhan dengan Ibadah dan Bersuluk

 
Abah Iswadi Laweung: Pinanglah Ramadhan dengan Ibadah dan Bersuluk

LADUNI.ID, ACEH-Masyarakat muslim sebentar lagi akan menyembut bulan suci Ramadha dan sudah selayaknya membuat sebuah persiapan seremonial akbar menyambut tamu kehormatan, maka berbagai persiapan harus dilakukan agar ibadah di bulan Ramadhan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw. 

"Menyambut bulan suci Ramadhan, diantara persiapan yang dilaksanakan adalah ilmu tentang puasa Ramadhan sehingga ibadah kita menjadi sempurna di samping memperkuat dan mempertajam iman adalah modal utama dalam melandasi semua pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan," kata Tgk. Iswadi Arsyad, M.Sos tokoh ulama muda Aceh saat diminta pendapatnya seputaran fenomena menjelang Ramadhan, Jum'at, (3/5/2019).

Sosok yang akrab disapa Abah Iswadi itu menambahkan Iman yang kuat mampu membuat penyambutan hingga pelaksanaan ramadhan akan mendapatkan landasan dan suntikan spirit yang luar biasa. Iman pulalah yang diseru Allah kepada umat yang akan menjalankan ibadah Ramadhan.

" Bukan hanya itu, peningkatan pemahaman mengenai amaliah Ramadhan dilaksanakan dengan memahami dan menguasai petunjuk-petunjuk yang telah disampaikan ulama lewat kajian agama via turast klasik serta pedoman amaliah Ramadhan baik dari segi lahiriyah dan bathiniyah," lanjut guru senior Dayah MUDI Samalanga itu.

Putra kelahiran Pidie itu juga menyebutkan Ramadhan merupakan bulan bertaubat kepada Allah dan Ishlah kepada sesama manusia

" Hal ini disebabkan bulan Ramadhan adalah bulan berkah, yang keberkahannya akan hadir bagi pribadi yang suci dari dosa kepada Allah dan kepada sesama. Maka penting bagi kita untuk bertaubat kepada Allah dan meminta maaf pada sesama manusia," sambung dosen senior IAI Al-Aziziyah Samalanga itu.

Selanjutnya, Abah juga mengatakan memelihara bibit amal shalih yang akan disiram,dirawat dan dibesarkan di bulan Ramadhan. Memiliki harapan dan target amal shalih yang akan dilatih dan ditingkatkan saat Ramadhan, seperti khatam Qur'an, berazam untuk mengikuti pengajian rutin, meningkatkan sedekah, memperluas silaturahim dan lain sebagainya.

 "Bulan Ramadhan adalah bulan maqbulnya doa. Akan lebih utama jika saat menyambutnya kita mempersiapkan doa dan permohonan yang akan disampaikan khususnya saat ramadhan. Bulan Ramadhan bulan ibadah yang lebih bagus lagi kita pergunakan kesempatan untuk ibadah khusus seperti bersuluk dan berkhulwah meraih ridha-Nya," pintanya dengan penuh berharap.