Ternyata Puasa Ramadhan dapat Menyembuhkan Penyakit Maag

 
Ternyata Puasa Ramadhan dapat Menyembuhkan Penyakit Maag

LADUNI.ID, Jakarta - Puasa merupakan menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa mulai fajar hingga maghrib. Puasa Ramadhan memiliki keistimewaan yang luar biasa karena dilakukan di bulan yang suci yaitu Ramadhan. Puasa ini dilakukan selama 30 hari.  Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kita bisa semangat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di Ramadan 2019 kali ini. Salah satunya adalah memahami berbagai manfaat puasa untuk kesehatan. 

Seperti kita ketahui, puasa memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Dan salah satu manfaat puasa yang akan dibahas kali ini adalah dapat membantu penyembuhan penyakit maag (lambung). 

Sebagimana dikutip dari buku The Miracle of Fast yang menjelaskan bahwa sejumlah dokter telah menegaskan bahwa puasa memiliki kemampuan efektif untuk mengobati ragam penyakit dan meringankan perasaan nyeri. Misalnya saja, penyakit radang usus besar dan radang kandungan empedu. Karena dengan berpuasa berarti membuat seluruh organ tubuh beristirahat setelah 11 bulan yang lain melakukan aktivitas yang luar biasa. 

Namun, tetaplah melakukan pola hidup sehat selama berpuasa. Seperti cukup meminum air putih ketika berbuka dan sahur, dan tidak lupa mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran saat berbuka dan sahur. Lalu, bagaimana kaitan puasa dengan penyembuhan penyakit maag. Nah, berikut akan diulas beberapa kaitan penyembuhan penyakit maag dengan berpuasa :  

1. Puasa dapat menstabilkan usus besar 
Ketenangan batin dapat dirasakan oleh orang-orang yang berpuasa. Sehingga hilanglah gejala-gejala penyakit usus besar, seperti sakit perut, masuk angin, kembung, gangguan pada usus, diare, dan sembelit. Karena dengan berniat ibadah selama berpuasa, maka tubuh bisa menyesuaikan dirinya untuk bertahan menstabilkan diri dengan baik. 

2. Puasa dapat menyeimbangkan persentase asam di dalam lambung
Penyebab utama munculnya penyakit maag adalah munculnya asam yang berlebihan. Akan tetapi Saat berpuasa, tubuh akan berusaha menyeimbangkan persentase asam di lambung. Dengan berpuasa, tubuh bisa mengatur distribusi asam yang mengganggu sistem pencernaan di lambung. Oleh sebab itulah puasa dapat menyeimbangkan persentase asam lambung. 

Jadi, ayuk berpuasa semangat dan ikhlas. Semoga Puasa Ramadhan kali ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.