Perbanyak Baca Shalawat dan Raihlah 5 Manfaat Ini

 
Perbanyak Baca Shalawat dan Raihlah 5 Manfaat Ini
Sumber Gambar: Dokumentasi Istimewa, Iluatrasi: Laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta - Pembaca yang budiman, membaca shalalawat merupakan salah satu bentuk syukur kita atas kelahiran dan kehadiran Nabi Muhammad SAW di dunia. Karena beliaulah cahaya terang ajaran islam bisa diantarkan kepada kita, alhamdulillah.

Tetapi selain itu, membaca shalawat juga merupakan perintah secara langsung dari Allah SWT yang Dia dan para malaikat mencontohkannya. Dengan demikian, ada beberapa manfaat ketika kita membaca shalawat, sebagai berikut.

1. Doa kita dikabulkan

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

2. Mendapat pahala yang berlipat

Dalam sabda Nabi Muhammad SAW, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasai). 

Para ulama menerangkan shalawatnya Allah kepada kita laksana pemberian Rahmat Agung yang jika diberikan satu saja, tidak ada bandingannya. Walaupun ditukar dengan dunia dan seisinya. 

3. Diangkat derajatnya

Pada suatu pagi Rasulullah tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahnya. Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, pagi ini Engkau tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahmu.” Beliau bersabda, “Memang benar. Semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yang Mahaagung. Dia berkata, ‘Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

4. Berkumpul di surga dengan Nabi

Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

5. Raih syafaat Nabi

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

Masih banyak manfaat-manfaat lain ketika kita membaca shalawat. Dengan ini, semoga dapat membuat kita selalu membaca shalawat, agar kita dapat menjadi manusia yang beruntung di dunia dan akhirat. Amin ya Rabb


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 6 Mei 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

_______

Editor: Hakim