Bahayanya Penyakit Dunia dalam Jiwa Seorang Muslim

 
Bahayanya Penyakit Dunia dalam Jiwa Seorang Muslim

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana diketahui, penyakit dunia ( Al-wahn ) adalah kecintaan terhadap dunia dan takut mati, merupakan suatu hal yang sangat berbahaya bagi seorang muslim. Hal ini bisa menyebabkan hati seseorang mati dan kering dan tentunya sangat lalai dari mengingat Allah SWT, sehingga ia akan berlomba-lomba mencari dunia dan lupa akan akhirat.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda : “ Barangsiapa yang bangun di pagi hari dan hanya dunia yang dipikirkannya, sehingga seolah-olah tidak melihat hak-hak Allah dalam dirinya, maka Allah akan menanamkan empat penyakit: 1. kebingungan yang tiada putus-putusnya, 2. kesibukan yang tidak pernah ada ujungnya, 3. kebutuhan yang tidak pernah terpenuhi, 4. khayalan yang tidak berujung” (HR. Thabrani).

Terkait hal tersebut, Allah SWT telah juga memberikan petunjuk yang jelas agar terhindar dari penyakit tersebut dan dapat meraih ketentraman dan kebahagian dalam hidup. Petunjuk tersebut terkandung dalam sebuat ayat Al-quran yang artinya bahwa dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang. 

Mengingat Allah berarti juga mengingat pesan-pesan Allah. Dengan demikian, maka akan difahami bahwa meraih ketenangan hidup di dunia akan diperoleh bila banyak memikirkan akhirat. Apalagi Allah telah memastikan bahwa kehidupan akhiratlah yang abadi.

Jadi, dengan memahami pesan Allah tersebut, seorang muslim akan menyadari bahwa dunia ini hanyalah tempat persinggahan sementara untuk menuju akhirat, sehingga tak perlu berlomba untuk meraih dunia. Setelah kehidupan ada kematian. Carilah dunia dengan sewajarnya dan tetap selalu mementingkan akhirat, sehingga akan terhindar dari sikap takut mati dan terhindar dari perilaku tamak, tipu-menipu, caci-maki, korupsi, perang, angan-angan panjang, dan lain-lain.