Penentuan Malam Lailatul Qodar Berdasarkan Kitab I'anatuth Tholibin

 
Penentuan Malam Lailatul Qodar Berdasarkan Kitab I'anatuth Tholibin
Sumber Gambar: laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta - Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah teladan kita dalam melaksanakan ibadah. Rasulullah menganjurkan kepada kita untuk memperbanyak ibadah pada bulan Ramadhan, antara lain dengan memperbayak sedekah, membaca Al-Qur’an, dan i’tikaf.
 

Hal ini karena di antara keutamaan waktu di bulan Ramadhan adalah adanya pelipatgandaan pahala, dan termudahkannya beramal kebaikan. Anjuran banyak melakukan ibadah ini lebih ditekankan lagi ketika memasuki sepuluh akhir Ramadhan. Rasulullah menganjurkan umatnya untuk mengharap dianugerahi Lailatul Qadar pada bulan yang sepuluh pertamanya adalah rahmat, sepuluh keduanya adalah ampunan, dan sepuluh akhirnya adalah bebas dari neraka ini. Walaupun, hakikatnya memang tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan terjadinya Lailatul Qadar kecuali Allah ‘azza wajalla. Hanya saja, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengisyaratkan dalam sabdanya:

 تَحَرَّوْا ليلة القدر في العشر الأواخر من رمضان

“Carilah Lailatul Qadar itu pada sepuluh hari terakhir Ramadhan. ” (Muttafaqun ‘alaihi dari Aisyah radliyallahu ‘anha)

Dalam kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim disebutkan, dari Aisyah radliyallahu anha, Beliau berkata:

كَانَ رَسُوْلُ الله إِذَا دَخَلَ العَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ وَأَحْيَا لَيْلَهُ، وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ{ هذا لفظ البخاري}

“Bila masuk sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengencangkan kainnya (menjauhkan diri dari menggauli istrinya), menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.” Demikian menurut lafadz Imam Al-Bukhari.

Ada banyak Ulama’ yang merangkum suatu metode dalam mencari malam Lailatul Qodar. Di antara 'Ulama itu ialah Imam Abu Hamid Al-Ghazali & Imam Abul Hasan Asy-Syadzily ra.

Bahkan Syaikh Abul Hasan Asy Syadzily ra menyatakan semenjak beliau baligh selalu menjumpai Lailatul Qodar sesuai dengan metode yang di sampaikan oleh Imam Abu Hamid Al-Ghazali ra.

Adapun metode atau qoidah Imam Al-Ghazali ra itu adalah sebagaimana disebutkan dalam kitab I’anatuth Tholibin Juz 2 , Hal. 257, Bahwa metode untuk mengetahui Malam Lailatul Qodar dapat dilihat dari hari pertama atau awal bulan Ramadhan itu dimulai.

Qoidahnya adalah sebagai berikut :
1.    Dalam Kitab I’anatuth Thoolibiin Juz II halaman 257 di sebutkan :

قال الغزالي وغيرُه : إِنَّ لَيْلَۃَ الْقَدْرِ تُعْلَمُ فِي رَمَضَانَ بِالْيَوْمِ الْأَوَّلِ مِنَ الشَّهْرِ.

فَإِنْ كَانَ أَوَّلُهُ يَوْمَ الْأَحَدِ أَوْ يَوْمَ الْأَرْبِعَاءِ : فَهِيَ لَيْلَةُ تِسْعٍ وَعِشْرِيْنَ .

فَاِنْ كَانَ اَوَّلُهُ يَوْمَ الْاِثْنَيْنِ : فَهِيَ لَيْلَةُ إِحْدٰى وَعِشْرِيْنَ .

فَاِنْ كَانَ اَوَّلُهُ يَوْمَ الثُّلَاثَاءِ أَوِ الْجُمْعَةِ : فَهِيَ لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ .

فَاِنْ كَانَ اَوَّلُهُ يَوْمَ الْخَمِيْسِ : فَهِيَ لَيْلَةُ خَمْسٍ وَعِشْرِيْنَ .

 فَاِنْ كَانَ اَوَّلُهُ يَوْمَ السَّبْتِ : فَهِيَ لَيْلَةُ ثَلَاثٍ وَعِشْرِيْنَ .

Imam Al Ghazali ra dan yang lainnya berpendapat :
Sesungguhnya Lailatul Qodar di bulan Ramadhan itu bisa di ketahui dengan melihat hari pertama Ramadhan itu di mulai,

1. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Ahad atau Rabu, maka Lailatul Qodar akan jatuh pada malam ke-29.
2. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Senin, maka Lailatul Qodar akan jatuh pada malam ke-21.
3. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Selasa atau Jum’at, maka Lailatul Qodar akan jatuh pada malam ke-27.
4. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Kamis, maka Lailatul Qodar akan jatuh pada malam ke-25.
5. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, maka Lailatul Qpdar akan jatuh pada malam ke-23.

وَقَالَ الشَّيْخُ اَبُو الْحَسَنِ الشَّاذِلِي قَدَّسَ ﷲُ سِرَّهُ : مُنْذُ بَلَغْتُ سِنَّ الرِّجَالِ مَا فَاتَتْنِي لَيْلَۃُ الْقَدْرِ بِهٰذِهِ الْقَاءِدَۃِ الْمَذْكُوْرَۃِ

Syaikh Abul Hasan Asy-Syadzili ra berkata :

“Sejak saya menginjak usia dewasa, Malam Lailatul Qodar tidak pernah meleset dari metode atau qoidah tersebut”.

Asy-Syaikh Abul Hasan Asy-Syadzili ra berkata :
"Dengan qoidah ini (rumus Imam Al-Ghazali) yang telah sampai kepadaku, aku selalu mendapatkan Lailatul Qodar".

2.   Kitab Hasyiyah Ash-Showy ‘Alal Jalalain Juz IV halaman 337

فَعَنْ أَبِي الْحَسَنِ الشَّاذِلِي قَدَّسَ ﷲُ سِرَّهُ : إِنْ كَانَ أَوَّلُهُ يَوْمَ الْأَحَدِ فَلَيْلَةُ تِسْعٍ وَعِشْرِيْنَ ، أَوْ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ فَلَيْلَۃُ إِحْدٰی وَعِشْرِيْنَ أَوْ يَوْمَ الثُّلَاثَاءِ فَلَيْلَۃُ سَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ أَوْ يَوْمَ الْأَرْبِعَاءِ فَلَيْلَۃُ تِسْعَةَ عَشَرَ أَوْ يَوْمَ الْخَمِيْسِ فَلَيْلَۃُخَمْسٍ وَعِشْرِيْنَ أَوْ يَوْمَ الْجُمْعَةِ فَلَيْلَۃُسَبْعَةَ عَشَرَ أَوْ يَوْمَ السَّبْتِ فَلَيْلَۃُثَلَاثٍ وَعِشْرِيْنَ

Dari Syaikh Abul Hasan Asy-Syadzily ra bahwa :

1. Jika awal Ramadhan itu hari Ahad, maka Lailatul Qodar adalah Malam-29
2. Jika awal Ramadhan itu hari Senin, maka Lailatul Qodar adalah Malam-21
3. Jika awal Ramadhan itu hari Selasa, maka Lailatul Qodar adalah Malam-27
4. Jika awal Ramadhan itu hari Rabu, maka Lailatul Qodar adalah Malam-19
5. Jika awal Ramadhan itu hari Kamis, maka Lailatul Qodar adalah Malam-25
6. Jika awal Ramadhan itu hari Jumat, maka Lailatul Qodar adalah Malam-17
7. Jika awal Ramadhan itu hari Sabtu, maka Lailatul Qodar adalah Malam-23

Namun Syaikh Abul Hasan Asy Syadzily punya sedikit perbedaan qoidah dengan qoidah Imam Al Ghazali ra, terletak pada hari Rabu dan Jum'at.

3.   Dalam Kitab Hasyiyah Al Bajuri ‘Ala Ibni Qosim Al Ghozy , Juz I halaman 304 :

 

وَذَكرَ لِذٰلِكَ ضَابِطًا وَقَدْ نَظَّمَهُ بَعْضُهُمْ بِقَوْلِهِ :

وَإِنَّا جَمِيْعًا إِنْ نَصُمْ يَوْمَ جُمْعَةٍ ¤ فَفِي تَاسِعِ الْعِشْرِيْنَ خُذْ لَيْلَةَ الْقَدْرِ.

وَإِنْ كَانَ يَوْمَ السَّبْتِ أَوَّلُ صَوْمِنَا ¤ فَحَادِي وَعِشْرِيْنَ اعْتَمِدْهُ بِلَا عُذْرٍ.

وَإِنْ هَلَّ يَوْمُ الصَّوْمِ فِي أَحَدٍ فَفِي ¤ سَابِعِ الْعِشْرِيْنَ مَا رُمْتَ فَاسْتَقِرَّ.

وَإِنْ هَلَّ بِالْاِثْنَيْنِ فَاعْلَمْ بِأَنَّهُ ¤ يُوَافِيْكَ نَيْلُ الْوُصْلِ فِي تَاسِعِ الْعِشْرِيْنَ.

وَيَوْمَ الثُّلَاثَا إِنْ بَدَا الشَّهْرُ فَاعْتَمِدْ ¤ عَلٰی خَامِسِ الْعِشْرِيْنَ تُحْظٰی بِهَا فَادْرِ.

وَفِي الْاَرْبِعَا إِنْ هَلَّ يَا مَنْ يَرُوْمُهَا ¤ فَدُوْنَكَ فَاطْلُبْ وُصْلَهَا سَابِعَ الْعِشْرِيْنَ.

وَيَوْمَ الْخَمِيْسِ إِنْ بَدَا الشَّهْرُ فَاجْتَهِدْ ¤ تُوَافِيْكَ بَعْدَ الْعَشْرِ

 فِي لَيْلَةِ الْوِتْرِ.

Beliau menyebutkan penjelasan tentang Lailatul Qodar dan sungguh sebagian 'Ulama telah menadzomkannya sebagai berikut :

1. Jika awal Ramadhan hari Jumat, maka Lailatul Qodar Malam-29
2. Jika awal Ramadhan hari Sabtu, maka Lailatul Qodar Malam-21
3. Jika awal Ramadhan hari Ahad, maka Lailatul Qodar Malam-27
4. Jika awal Ramadhan hari Senin, maka Lailatul Qodar Malam-29
5. Jika awal Ramadhan hari Selasa, maka Lailatul Qodar Malam-25
6. Jika awal Ramadhan hari Rabu, maka Lailatul Qodar Malam-27
7. Jika awal Ramadhan hari Kamis, maka Lailatul Qodar di Malam Ganjil setelah Malam-10.

وَقَالَ بَعْضُ الْعَارِفِيْنَ : كُلُّ لَيْلَۃٍ لِلْعَارِفِ بِمَنْزِلَۃِ لَيْلَۃِ الْقَدْرِ

Sedangkan menurut Sebagian Para 'Arifin :
"Semua Malam bagi seorang 'Arif adalah Lailatul Qodar".

وَكَانَ اَبُو الْعَبَّاسِ الْمُرْسِي قَدَّسَ ﷲُ سِرَّهُ يَقُوْلُ : اَوْقَاتُنَا كُلُّهَا لَيْلَۃُ الْقَدْرِ

Dan Syaikh Abul 'Abbas Al Mursy ra mengatakan : Waktu-waktu kami semuanya adalah Lailatul Qodar.

 

Sumber : KITAB I'ANATUTH THOLIBIN 

 

_____________________
Catatan: Tulisan ini terbit pertama kali pada Minggu tanggal  12 Mei 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan


Editor : Lisandipo

SELASA PAHING, 11 APRIL 2023
SELASA     : 3
PAHING     : 9