Beberapa Aplikasi Alternatif Yang Patut Dicoba Sebagai Pengganti WhatsApp

 
Beberapa Aplikasi Alternatif Yang Patut Dicoba Sebagai Pengganti WhatsApp

LADUNI.ID, Saat ini aplikasi WhatsApp (belum Update) cenderung rentan serangan hacker yang menyusupkan spyware walau memang sudah ditambal. Barangkali pembaca ingin mencoba berpindah ke "lain hati", berikut kami sampaikan beberapa aplikasi rekomendasinya:

  1. Telegram. Aplikasi ini diluncurkan tahun 2013 oleh dua pengusaha Rusia, Nikolai dan Pavel Durov, dan sudah memiliki penggemar sendiri. Punya sejumlah fitur unik terkait privasi dan juga hemat data untuk pengiriman pesan
  2. Line. Aplikasi ini sudah populer di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Sejumlah fitur penting dan menyenangkan akan bikin pengguna Line betah mengeksplorasi
  3. Google Allo. Diluncurkan pada tahun 2016, Allo menggunakan nomor ponsel untuk mengidentifikasi pengguna. Smart reply dengan teknologi machine learning, keberadaan Google Assistant, dan mode incognito jadi beberapa andalan.
  4. KakaoTalk. Layanan dari perusahaan Korea ini cukup digemari karena sejumlah fitur dasar yang ditambah fitur lain seperti conference call sampai lima orang, polling, dan walkie talkie.
  5. WeChat. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2011 di China dan awalnya bernama "Weixin". Sangat populer di negara asalnya dan sudah cukup dikenal di Indonesia
  6. Threema. Aplikasi besutan perusahaan Swiss ini juga mulai mencuri perhatian sebagai salah satu alternatif WhatsApp pada multi platform. Privasi dan keamanan menjadi salah satu aspek kunci yang ditawarkan.
  7. Signal. Pada dasarnya Signal sangat mirip dengan Telegram, sampai-sampai ada yang menjulukinya sebagai "kloningan". Tapi fitur dan kesederhanaan Signal membuat aplikasi ini tetap layak dijajal. Siapa tahu cocok. 
  8. Viber. Aplikasi ini awalnya dibuat oleh sebuah perusahaan Israel yang kemudian menjualnya ke perusahaan raksasa Jepang Rakuten. Saat ini juga sudah basis pengguna sendiri di dunia pengiriman pesan instan dan voice over IP (VoIP)
  9. Wickr Me. Salah satu aplikasi yang digadang-gadang amat menjamin privasi di antaranya karena jaminan tidak menyimpan kontak pengguna di servernya, maupun metadata. Percakapan di sini pun punya enkripsi tingkat tinggi.
  10. Kik. Salah satu aplikasi layanan pesan yang disenangi karena penggunanya tak perlu mendaftarkan nomor kontak. Punya antarmuka yang menyenangkan, walaupun ada kerisauan mengenai potensi celah keamanan di Kik.
  11. Wire. Dibuat oleh Janus Friis, yang terlibat dalam penciptaan Skype, aplikasi ini sudah mencuri perhatian di antaranya berkat tampilan yang segar, kualitas audio jempolan, dan klaim keamanan

Naah, bagaimana? tertarik untuk mencoba? Bagi anda pengguna Android, silakan tinggal klik yang berwarna biru pada aplikasi diatas, anda akan langsung dibawa ke google play. Untuk pengguna iOS, silakan cari sendiri yaa di aplikasi marketnya. Semoga bermanfaat!