Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

 
Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

LADUNI.ID, Banyak artikel yang menjelaskan tentang keistimewaan Lailatul Qadar, namun pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara singkat dan tanpa bertele-tele.

Keistimewaan Lailatul Qadar merujuk kepada surah Al-Qadar didalam membicarakan persoalan keistimewaan Lailatul Qadar, : "Allah telah memuliakan Al-Quran dimalam ini, dan ditambahnya dengan maqam yang mulia, yaitu kedudukan dan kemuliaannya yang sangat banyak dari kebaikan dan kelebihan dari 1000 bulan.ketaatan dan ibadah didalamnya menyerupai 1000 bulan yang bukan Lailatul Qadar. 1000 bulan ini menyamai 83 tahun 4 bulan. Hanya di satu malam ini lebih baik dari umur seseorang yang menghampiri 100 tahun, jika tambah berapa tahun beliau baligh dan dipertanggung jawabkan".

Dan pada malam itu turunnya malaikat-malaikat dengan rahmat Allah dengan kesejahteraan dan barakahnya. Dan kesejahteraanya melimpah sehingga ke terbit fajar. Banyak hadist-hadist yang menyebutkan mengenai keutamaan Lailatul Qadar ini. Yang banyak dianjurkan untuk mencarinya pada 10 malam terakhir.

Dalam Sahih Bukhari dari Hadis Abu Hurarirah,"Barangsiapa yang berqiam dimalam Al-Qadar dengan penuh keimanan dan bersungguh-sungguh maka telah diampunkannya apa yang telah lalu dari dosanya". (Riwayat Bukhari didalam Kitab Al-Saum).

Rasulullah SAW telah memberi penjelasan kepada siapa yang lalai dan tidak memperhatikan malam tersebut, yaitu sama seperti menghalang diirinya dari menerima kebaikannya dan ganjarannya.

Berkata para sahabat "Sesungguhnya bulan ini telah hadir kepada kamu didalamnya mengandung malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Siapa yang memuliakannya maka beliau akan dimuliakan kebaikan semua perkara.

Dan siapa yang tidak memuliakannya maka kebaikannya akan dihalang". (Riwayat Ibnu Majah dari Hadis Anas, isnad Hassan sebagaimana didalam Sahih Jaami' Al-Saghir).

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah

Baca Juga : 
01. Cara Mendapatkan Lailatul Qadar

02. Orang yang Berhak Mendapatkan Lailatul Qadar
03. Kisah Rasulullah Saat Terjadi Lailatul Qadar

04. Misteri Lailatul Qodar

05. Inilah Waktu Turunnya Lailatul Qadar
06. Kisah Penyebab Turunnya Lailatul Qadar