Pelajaran Bagi Orangtua yang Merasa Ada Pencurian Pulsa

 
Pelajaran Bagi Orangtua yang Merasa Ada Pencurian Pulsa

LADUNI.ID, Jakarta - Beberapa waktu lalu, reseller pulsa saya telpon sambil kemrungsung. Berkali-kali dia bilang kalau WA-nya yang dia pake untuk transaksi kena pencurian pulsa. Kena hack mungkin maksudnya. Tolong, bu saya mau ganti nomer. Segera ya bu. Begitu berkali-kali dia bilang.

"Teng WA kulo 15 menit yang lalu enten transaksi ke nomer XXX sebesar 50 ribu padahal kulo mboten transaksi. Bojone kulo geh mboten. Anak kulo nggeh mboten."

Selang tak berapa lama dia telpon lagi.

"Wah jahat Bu niku pencuri pulsane. Bar kulo cek transaksi bulan April niki kiyambake sampun melakukan pencurian sekitar 400an ribu. Sebulan tok niku. Ngisine ke nomor niku terus 50 ribu 50 ribu ngoten. Wah jahat tenan."

"Lho pak, berarti jejak transaksine ada di WA njenengan?"

"Nggeh enten (ada) bu. Tapi kulo kalih wong sak omah mboten rumongso ngisi."

"Padahal WA niku angel banget lho pak di-hack. Soale kan WA niku mboten saget dibuka di 2 hape yang berbeda. Kalaupun bisa, harus pakai konfirmasi ke hape utama yang ada kartunya. Berarti haruse nek semisal enten sing nyolong niku mboten tiyang tebih pak."

"Lha sinten bu wong anak bojone kulo mpun kulo tangkleti nggeh mboten kok."

"Cobi ditelpon pak nomere niku. Nek nawi tanggane njenengan cedak-cedak ngriku nek nowo enten suarane..."

Telpon pun ditutup.

Barang setengah jam, hape saya berdering lagi.

"Bu mpun ketemu niki. Ternyata niku nomere anak kulo bu. Berarti nomere anake kulo sing dicolong pulsane nggeh bu. Saget ngoten iku bu? Transaksine lewat hapene anake kulo?"

"Pulsane anake njenengan dicolong niku nggeh saget pak. Tapi nek misal ngoten, carane niku mboten athik lewat diisi riyin ngangge deposite njenengan terus pulsane lagi disedhot."

"Lha niki buktine wong ngisi nembe 15 menit yang lalu kok hapene kulo cek mboten enten pulsane bu?".

Hhmmm... Saya mulai menduga apa yang sedang terjadi. Tapi melihat bagaimana dia begitu mempercayai anak dan istrinya, saya khawatir kalau apa yang akan saya sampaikan jadi membuatnya terluka atau yang repot, marah. Tapi ya bagaimana juga tetap harus saya sampaikan.

"Putrane njenengan kelas berapa to, Pak?"

"Kelas 5 SD."

"Nge-game teng hape mboten?"

"Nggeh nge-game bu."

"Lha dingge tumbas kuota yakne."

"Wong enten wifi kok teng griyo."

"Ngeten Pak. Niki ngapunten, kulo rodok curiga, putrane njenengan ngisi pulsa dingge nge-game pak."

"Lho teng omah niku enten wifi bu. Tur anake kulo mpun kulo takoki mboten ngisi kok. Berarti menurute njenengan anak kulo ngapusi??"

Duhh... pie le ngomong ya...

"Pak, pulsa 50 ewu niku mboten dingge tumbas kuota tapi dingge tumbas isine game niku. Jenenge diamond. Nek teng hapene anake njenengan enten game mobil lejen, niku sumbere saking ngriku."

"Lho kan enten wifi. Wong wifine on terus kok."

Ya Rabb... Susah payah saya menjelaskan tentang semua etekeprek itu. Terbayang betul cobaan orang tua jaman sekarang ya. Kadang kita beneran nggak mudheng anak kita itu hidup di jaman seperti apa.

"Mpun ngeten mawon Pak. Njenengan nek mboten kepengen suudzon kalih anake njenengan, utawi njenengan nyongko kulo naming pados alesan ben mboten gelem disalahke, njenengan mriki sakniki, hapene putrane njenengan beto ngriki. Nek mboten, njenengan telpon 116 king hape telkomsel, mang mungel ngeten kalih mbake 'mbak tadi saya isi nomer ke nomer ini 50 ribu tapi kok pulsanya ndak masuk ya'. Nek mbake njawab sudah masuk, njenengan nyuwun dijelaske penggunaan pulsa 50 ribu niku wau untuk apa saja. Niku saget pak. Niki ben jelas ngoten, soale nek mboten njenengan klirke sakniki, kulo kuatir sesuk2 enten kedadean ngeten malih."

Orangnya hanya diam. Besoknya ketika dia datang membawa hp anaknya, saya perlihatkan padanya histori transaksi dari playstore yang memuat jelas kemana larinya uang 400 ribu itu. Tak lupa saya ceritakan status viral seorang ibu beberapa waktu lalu yang kebobolan tagihan Halo hampir 11 jutaan gara-gara game hape.

Dan kemarin, kali kedua, seorang ayah datang ke konter mengeluh kenapa pulsanya habis terus. Apa hapenya kena pencurian pulsa. Sering pulsanya tiba-tiba hilang padahal di rumah ada wifi, rasanya nggak mungkin kesedot untuk internetan. Begitu saya lihat di hapenya ada mobile legend, langsung saja saya cek histori transaksi di playstorenya. Saya perlihatkan dan jelaskan kemana larinya pulsa-pulsanya yang hilang itu.

Ngeri sekali. Saya hanya terpikir, betapa beratnya jadi orang tua jaman sekarang. Apalagi bagi para orang tua yang seperti mengalami loncatan teknologi digital terlalu jauh. Tadinya ngga tau apa-apa tiba-tiba harus mendidik anak-anak di dunia digital yang kompleks sekali urusannya. Bagaimana kita sebagai orang tua mau mengasuh anak-anak dengan benar saat kita sendiri tidak paham dunia seperti apa yang sedang dihadapi anak-anak ini. Entahlah. Semoga anak-anak kita selamat mengarungi takdirnya di dunia yang makin embuh ini.


Artikel ini ditulis oleh Nia Perdhani