Dampak Negatif dari Kebiasaan Menggit Kuku

 
Dampak Negatif dari Kebiasaan Menggit Kuku

LADUNI.ID, Jakarta - Salah satu kebiasaan yang sering orang lakukan adalah menggigit kuku. Banyak orang yang melakukan kebiasaan ini tanpa ia sadari apalagi saat mereka merasa cemas. Namun tahukah kamu, faktanya menggigit kuku ternyata memberika banyak sekali efek negatif. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Mayo Clinic :

1. Berisiko terkena infeksi bakteri dan jamur

Orang yang sering menggigit kuku akan lebih berisiko terkena infeksi jamur dan bakteri. karena saat berhasil menggigit dan mencabut kukumu, kulit halus di bawah kukumu akan terlihat. Daerah tersebut sangat rentan terkena bakteri dan jamur. Adapun, infeksi yang kerap terjadi adalah paronikia yang biasanya muncul di sekitar kuku tangan atau kaki. 

2. Posisi gigi bergeser dan email gigi rusak
Selain berbahaaya untuk tanganmu, menggigiti kuku juga berbahaya terhadap kesehatan gigi dan mulutmu. Posisi gigimu rawan bergeser dan email gigimu bisa rusak. Bahkan, tak jarang juga kuku melukai gusi sehingga bisa menyebabkan infeksi dan bengkak.

3. Jari kuku meradang dan bengkak
Kondisi ini bisa terjadi apabila kebiasaan menggigit kuku terlalu sering dilakukan. Karena air liur di mulutmu memiliki senyawa kimia untuk memecah molekul makanan dan lemak. 

4. Bakteri pada kuku yang digigit bisa menyebabkan sakit perut
Di balik kuku terdapat berbagai jenis bakteri. Saat menggigit kuku, bisa jadi bakteri tersebut masuk ke pencernaanmu sehingga menimbulkan rasa sakit. Tak hanya sakit perut, kamu pun bisa mengalami beragam penyakit lain, terlebih jika kamu menggigit kukumu yang masih kotor.

5. Terkena herpetic whitlow akibat virus herpes simplex jenis 1 dan jenis 2
Luka Jari yang terbuka dapat mengakibatkan virus tersebut masuk. Biasanya, hal ini bisa terjadi jika kamu menderita herpes oral. Akibatnya, kamu akan merasakan demam dan rasa kebas.