Ziarah di Makam Syekh Jumadil Kubro Semarang, Pendakwah Islam di Pulau Jawa

 
Ziarah di Makam Syekh Jumadil Kubro Semarang, Pendakwah Islam di Pulau Jawa

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Nama asli beliau adalah Syech Jamaludin Husein ini semula melakukan perjalanan beserta rombongan para ulama yang dari Timur Tengah dan Maroko sampai ke Indonesia. Rombongannya disebut sebagai Al-Maghribi, sebutan daerah Maghrib, Maroko. Setelah bertemu di Pasai, Aceh, rombongan langsung menuju ke Pulau Jawa, tepatnya di Semarang. Karena keteladanan akhlaknya, Syech Jumadil Kubro sangat dihormati di Kerajaan Majapahit. Dakwah beliau cukup berhasil pada masa itu.

Syekh Jumadil Kubro merupakan tokoh kunci proses Islamisasi tanah Jawa yang hidup sebelum Walisongo. Seorang penyebar Islam pertama yang mampu menembus dinding kebesaran Kerajaan Majapahit. Syeikh Jumadil Kubro bernama lengkap Syekh Jamaluddin al-Husain al-Akbar. Cucu ke-18 Beliau adalah cucu ke-18 Rasulullah Muhammad SAWdari garis Sayyidah Fatimah Az Zahrah al- Battul.

Syeikh Jamaluddin tumbuh dan berkembang di bawah asuhan ayahnya sendiri. Setelah dewasa, dia mengembara ke negeri datuknya di Hadramaut. Di sana dia belajar dan mendalami beragam ilmu dari beberapa ulama yang terkenal di zamannya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

yang Sudah Mengunjungi Ziarah di Makam Syekh Jumadil Kubro Semarang, Pendakwah Islam di Pulau Jawa

  • alfa silmy azis alfa silmy azis