Saat Terbang di Atas LCS, Seorang Pilot Australia Tertembak Laser

 
Saat Terbang di Atas LCS, Seorang Pilot Australia Tertembak Laser

LADUNI.ID, Australia - Sebuah helikopter yang diterbangkan oleh seorang pilot asal Australia dilaporkan terkena tembakan laser saat sedang menerbangkan pesawatnya di atas Laut China Selatan. Insiden ini terjadi pada Selasa (28/5) malam saat sang pilot sedang beroperasi menggunakan helikopternya. Demikian yang disebutkan dari berbagai sumber kepada Australian Broadcasting Corporation.  

Pilot tersebut terpaksa harus kembali ke pangkalan untuk menjalani pemeriksaan medis akibat tembakan itu. Akan tetapi, Australian Broadcasting Corporation tidak menjelaskan secara detil kelanjutan pemeriksaan medis dan alasan pilot itu menjadi target serangan laser, seperti dikutip dari AFP.

Berdasarkan laporan dari AFP, menyebutkan bahwa Australia memang sedang terlibat dalam latihan militer gabungan di Laut China Selatan yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Kemudian, ABC menyebutkan bahwa tembakan laser itu berasal dari kapal nelayan China. Namun, laporan itu belum bisa dipastikan.

Selain itu, China juga telah mengklaim bahwa 90 persen wilayah Laut China Selatan yang merupakan jalur emas perdagangan adalah miliknya. Namun demikian, klaim tersebut juga telah dilontarkan oleh Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei sebagai wilayah kedaulatan mereka..