Penjelasan Usia dalam Al-Qur'an

 
Penjelasan Usia dalam Al-Qur'an

LADUNI.ID, Jakarta - Usia atau (umur hidup seseorang di dunia) merupakan salah satu ketetapan Allah bagi setiap insan yang telah tertulis di Lauh Mahfudh, jauh sebelum seseorang dilahirkan ke muka bumi ini. Melaului usia, seseorang diberi kesempatan untuk mempersiapkan bekal menuju kehidupan kekal di akhirat kelak. Maka Sungguh beruntung jika seseorang mampu menggunakan usianya untuk beramal kebajikan. Namun sebaliknya, sungguh merugi dan celaka jika seseorang tidak mampu menggunakan usia itu dalam untuk beribadah kepada Allah SWT.

Oleh karena demikian, dalam mengisi usia ini, Allah SWT telah menurunkan Al-quran sebagai pedoman hidup bagi orang yang beriman, agar dapat mempergunakan usianya selalu dalam keta'atan melalui ibadah dan beramal kebajikan. Selain itu, Al-quran juga memberi hikmah dan penjelasan yang lengkap tentang tanda-tanda fisik yang ada pada tubuh kita dalam rentang usia kita agar kita mampu mengambil pelajaran dan selalu bersyukur serta ingat akan kematian.

Berikut ini beberapa penjelasan makna dari ayat-ayat Al-Qur'an tentang usia :

1. Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin lemah tangannya untuk menggenggam, sebab Allah sedang mendidiknya agar melepaskan cinta terhadap dunia. ( Qs. Hud : 15-16 )

2. Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin kabur matanya, sebab Allah sedang mencerahkan mata hati untuk melihat Akhirat.
( Qs. Al Isra:72 )

3. Semakin bertambah usia semakin sensitif perasaannya, sebab Allah sedang mengajarkannya bahwa pautan (keterikatan) hati dengan makhluk senantiasa  menghampakannya, namun jika hatinya berpaut kepada Allah saja, maka tidak akan pernah terasa hampa dan selalu tenang. ( Qs. Al Lukman : 22 )

4. Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin gugur giginya, Sebab Allah sedang mengingatkannya bahwa suatu hari orang tersebut akan gugur kedalam tanah   selamanya.( Qs. Ali Imran : 145 )

5. Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin ditarik nikmat kekuatan tulang dan sendinya, sebab Allah sedang mengingatkannya bahwa tak lama lagi nyawanya  akan di ambil.( Qs. An Nisa : 78 )

6. Semakin bertambah usia semakin putih rambutnya, sebab Allah sedang mengingatkannnya tentang kain kafan yang putih. ( Qs. Ali Imran : 185 )

7. Begitu juga hati seseorang, semakin bertambah usianya, maka semakin sepi dan ingin bersendirian, sebab Allah sedang mendidiknya untuk melepaskan cinta  terhadap manusia dan dunia ini.( Qs. Al-An'am : 32 )

Oleh karena demikian, mari gunakan dengan sebaik mungkin kesempatan (usia) yang masih Allah berikan kepada kita semua. Semoga kita menjadi hambaNya yang mengisi usia dalam keta'atan. Aamiin ya Rabbal 'alamin. Semoga bermanfaat.