Meriahnya Tradisi Takbir Keliling di Air Kuning Jembrana

 
Meriahnya Tradisi Takbir Keliling di Air Kuning Jembrana

LADUNI.ID | BALI - Semarak merayakan Hari Raya Idul Fitri menggema pula di pesisir pantai selatan Bali dengan lantunan takbir keliling, antusias masyarakat menghidupkan malam Idul Fitri terasa luar biasa (5/6).

Pawai takbir dimulai dari Masjid Pahlawan Banjar Tengah, desa Air Kuning, kemudian berjalan melewati desa Yeh Kuning, lanjut mengitari desa Delod Berawah di kabupaten Jembrana.

Masyarakat muslim bumi Makepung (Jembrana) yang ikut takbir keliling terdiri dari kalangan orang tua, dewasa, muda dan mudi, serta anak-anak dengan menggunakan kendaraan motor maupun mobil yang dihiasi dengan pernak pernik Lebaran.

Kelian Banjar Air Kuning Ahmad Sidik mengatakan, "Alhamdulillah kegiatan ini sudah berjalan hampir setiap tahun dengan tujuan semata-mata lebih kepada syi'ar àgama, sekaligus menjalin silaturrahim antar umat beragama. Intinnya memperkuat toleransi antar umat ber agama," terang Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah tersebut.

Kegiatan pawai ini dikawal oleh Banser (Barisan Ansor Serbaguna) Dan Kamtibmas serta bekerjasama dengan Pecalang demi terciptanya kondusifitas dan keamanan selama kegiatan berlangsung. (Syah/dad)