Angkatan Darat AS Telah Mengangkut 50 Ton Emas dari Suriah

 
Angkatan Darat AS Telah Mengangkut 50 Ton Emas dari Suriah

Dilangsir dari Dailysabah.com, Angkatan Darat AS mengirim banyak emas dari daerah-daerah yang dikuasai pasukan Daesh (ISIS) di Suriah ke Amerika Serikat, begitu beberapa laporan disampaikan.

Menurut sebuah sumber yang berbicara dengan Kantor Berita Kurdi Bas (KBNA - Kurdish Bas News Agency), pasukan AS mengirim sekitar 50 ton emas dari daerah yang disita dari teroris Daesh di wilayah Deir el-Zour Suriah Timur dan memberikan sebagian dari sisa emas ke cabang PKK di Suriah cabang Perlindungan Rakyat Unit (YPG).

Emas dilaporkan diangkut dari pangkalan militer AS di Kobani.

Sementara itu, 40 ton emas batangan yang dicuri oleh teroris Daesh dari provinsi Mosul Irak juga diambil oleh pasukan AS.

Sumber-sumber lokal yang berbicara dengan kantor berita SANA yang dikelola rezim mengklaim bahwa pasukan itu memindahkan kotak-kotak besar berisi harta emas Daesh dari wilayah al-Dashisheh di Hasakah selatan.

Para pemimpin teroris Daesh yang ditangkap oleh pasukan AS dilaporkan memberikan informasi tentang keberadaan emas itu, kata laporan itu.

Klaim itu bertepatan dengan laporan oleh Pengamat Hak Asasi Manusia Suriah yang berbasis di AS, yang mengatakan bahwa YPG yang didukung AS setelah 40 ton emas ditinggalkan oleh teroris Daesh di Deir el-Zour.

"Pasukan koalisi pimpinan AS dan Pasukan Demokrat Suriah (SDF) sengaja tidak menargetkan area di bawah kendali teroris dan komandan ISIL di Eufrat Timur di Deir el-Zour karena mereka berusaha menemukan harta ini dengan memaksa ISIL militan untuk berbicara tentang lokasinya setelah menyerah, " kata SOHR, merujuk pada Daesh menggunakan akronim lain.

Meskipun Daesh kehilangan banyak benteng di Irak dan Suriah, kesepakatan kontroversial antara gerilyawan Daesh dan kelompok-kelompok Suriah yang terkait dengan PKK, sebuah kelompok teroris besar yang melakukan serangan di Turki, membantu evakuasi mereka yang aman dari Raqqa, Suriah.

AS masih memiliki sekitar 2.000 tentara di Suriah, banyak di antaranya bekerja dalam kerja sama erat dengan SDF.

Hampir semua wilayah di timur Sungai Eufrat yang terdiri dari sepertiga wilayah Suriah, kecuali untuk wilayah yang dikuasai rezim Assad dekat Deir el-Zour dan daerah yang dikuasai Daesh dekat perbatasan Irak, dikuasai oleh SDF. SDF juga mengendalikan distrik Manbij dan Tabqah di tepi kanan sungai.