Biografi KH. Abdul Mujib Sholeh, Mustasyar PCNU Pati

 
Biografi KH. Abdul Mujib Sholeh, Mustasyar PCNU Pati
Sumber Gambar: PCNU Pati, Ilustrasi Laduni.ID

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1   Menjadi Penasehat Jamiyah

4.     Karir-Karir
5.    Teladan
6.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Abdul Mujib Sholeh atau yang akrab dengan sapaan Mbah Mujib, adalah seorang ulama di Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, yang dihormati oleh masyarakat setempat. Beliau lahir pada 7 Januari 1940, yang merupakan penduduk asli Pati.

Orangtuanya, KH. Sholeh Amin dan Nyai Hj. Azizah binti KH. Raden Asnawi dari Kudus, menikah pada tahun 1924. Mbah Mujib adalah anak bungsu dari lima bersaudara, Saudara-Saudara beliau yakni:
1. KH. Amin Sholeh,
2. Nyai Hj. Mihatun,
3. Nyai Hj. Muflihah,
4. Nyai Hj. Hamnah.

1.2 Riwayat Keluarga
KH. Abdul Mujib Sholeh menikah dengan Nyai Hj. Halimah pada tahun 1975 dan memiliki enam anak serta dua puluh satu cucu dan tiga cicit. Anak-anaknya adalah:
1. Drs. Hj. Nashicul Amin,
2. Nyai Hj. Ummi Nadhiroh,
3. Nyai Hj. Malihah,
4. KH. Ahmad Nadhif Lc. MA.,
5. Nyai Nining Najhihah,
6. Nyai Nafisatuzzahro’ Al-hafidzoh.

1.2 Wafat
KH. Abdul Mujib Sholeh wafat pada hari Kamis, 25 Januari 2024. Dimakamkan di kompleks Madrasah Miftahul Huda (MMH) Tayu.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1 Pendidikan
KH. Abdul Mujib Sholeh menempuh pendidikan awal di Madrasah Ibtidaiyyah YPMH Tayu yang didirikan oleh ayahnya. Setelah itu, beliau melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah di tempat yang sama. Karena minimnya Madrasah Aliyah pada waktu itu, beliau melanjutkan pendidikan non-formal di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif (PPMA) Denanyar Jombang, yang diasuh oleh KH. M. Bisri Syansuri selama dua tahun, dilanjutkan dengan studi di Pondok Pesantren Rembang selama dua tahun lagi. Beliau kemudian melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Darul Ulum Tayu pada tahun 1962, yang merupakan pondok pesantren pertama yang diasuh oleh KH. Aslam Muhammadun.

KH. Abdul Mujib Sholeh, selama enam tahun mondok, tidak menghabiskan waktu banyak untuk mempelajari kitab-kitab, namun lebih suka menelaah sendiri. Beberapa kitab yang menjadi bahan pelajaran pokoknya meliputi:

a. Bidang Tauhid: dari "Daarut Tauhiid" hingga "Husunul Hamidiyah" karya Sayyid Husain Afandi.
b. Bidang Fiqih: dari "Fathul Qorib" karya Syaikh Ibnu Qosim Al-Ghozi hingga "Fathul Wahhab" karya Zakariyya Al-Anshori.
c. Bidang Ilmu Tasawuf: "Bidayatul Hidayah" karya Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali.
d. Bidang Alat: untuk Nahwu, Shorof, dan Balaghah, beliau merujuk pada "Uqudul Juman" karya Syaikh Jalaludin As-Suyuti, dan "Jauhar Al-Maknun" karya Syaikh Abdurrahman Al-Akhdhari.

KH. Abdul Mujib Sholeh menggunakan beberapa kitab sebagai referensi utama:
Bidang Fiqih: "Al Majmu’" karya Imam Nawawi dan Bidang Tasawuf: "Ihya’ Ulumuddin" karya Imam Al-Ghazali.

2.2 Guru-Guru
1. KH. Sholeh Amin (ayah),
2. KH. M. Bisri Syansuri,
3. KH. Aslam Muhammadun.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah
KH. Abdul Mujib Sholeh tinggal di YPMH di Jl. Ratu Kalinyamat No. 51, Desa Tayu Wetan, Tayu, Pati. Di sini, beliau melanjutkan perjuangan KH. Sholeh Amin dalam penyebaran agama dan pendidikan. Sebagai sesepuh Bani Sholeh, KH. Abdul Mujib sangat dihormati oleh masyarakat.

3.1 Menjadi Pengasuh Jamiyah
KH. Abdul Mujib Sholeh merupakan penasehat atau pengasuh dari jam’iyah rutinan sabtunan di Kecamatan Tayu yang diresmikan pada tahun 1946. Pada tahun 1996-sekarang beliau ditunjuk sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pati, beliau juga aktif di dalam organisasi Nahdlatul Ulama dan beliau ditunjuk sebagai Mustasyar Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) pada tahun 2013-2018, Pimpinan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Nahdlatut Thalibin, Pembina Yayasan Pendidikan Miftahul Huda (YPMH) Tayu dan sebagai guru Tafsir Al-Jalalain di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Tayu-sekarang. Beliau bersama tokoh-tokoh agama yang ada di Kecamatan Tayu Kabupaten Pati berkeinginan untuk selalu mengembangkan agama Islam yang berfaham ASWAJA An-Nahdliyah di Kabupaten Pati.

4. Karir-Karir
KH. Abdul Mujib Sholeh memiliki beragam kegiatan yang dijalani hingga saat ini:
1. Ketua MUI Kabupaten Pati sejak tahun 1996 hingga sekarang.
2.Mustasyar PCNU Kabupaten Pati periode 2013-2018.
3. Pimpinan pondok pesantren Nahdlatut Thalibin yang dirintis oleh KH. Sholeh Amin sejak tahun 1924.
4. Pembina YPMH Tayu Pati yang juga dirintis oleh KH. Sholeh Amin.
5. Guru pengajar Tafsir Al-Jalalain MA di Miftahul Huda Tayu Pati dan Ponpes Nahdlatut Thalibin.
6. Penasehat dan pengisi pengajian rutin sabtunan serta selapanan.

5. Teladan
KH. Abdul Mujib Sholeh, seorang ulama dari Tayu, Pati, berasal dari keluarga ulama yang dihormati. Dikenal sebagai sosok sederhana, beliau tidak hidup mewah dan selalu berpakaian sederhana. Kepribadiannya yang baik, sabar, serta bahasa yang lembut mengayomi semua kalangan, dari ulama hingga masyarakat biasa. Kehadirannya diakui dan dihormati oleh seluruh masyarakat, termasuk pengurus dan anggota jamaah pengajian rutin.

6. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: 123dok.com

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya