Medtech Menghindari Penerapan Tarif, Karena AS dan Meksiko Mencapai Kesepakatan

 
Medtech Menghindari Penerapan Tarif, Karena AS dan Meksiko Mencapai Kesepakatan

LADUNI.ID, Presiden Donald Trump Jumat malam membatalkan usulan tarif 5% yang dijadwalkan mulai berlaku Senin atas impor barang dari Meksiko setelah tercapai kesepakatan untuk membendung migrasi ke AS di perbatasan.

AdvaMed pada hari sebelumnya telah mendesak agar pembicaraan antara kedua negara berlanjut dengan harapan mencegah penerapan tarif pada produk medis.

Impor langsung teknologi medis AS dari Meksiko mencapai $ 12,6 miliar pada tahun 2018, dan komponen perangkat menambahkan ratusan juta lebih, AdvaMed mengatakan dalam surat yang ditujukan kepada Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer pada hari Jumat.

Setelah seminggu pembicaraan berisiko tinggi antara AS dan pejabat Meksiko menyusul ancaman tarif 5% yang mengejutkan, Trump mengumumkan melalui Twitter penandatanganan perjanjian dengan Meksiko yang bertujuan menghentikan penyeberangan perbatasan ilegal.

Menghadapi tarif yang ditetapkan akan naik secara bertahap hingga 25% pada 1 Oktober, perusahaan-perusahaan medtech dengan fasilitas manufaktur di Meksiko dan sumber bahan baku atau komponen dari negara itu bisa terkena dampaknya. Sejumlah pembuat perangkat terkemuka mengoperasikan pabrik di negara ini, termasuk Medtronic, Intuitive Surgical, Baxter, dan lainnya.

Dengan potensi perang dagang yang akan segera terjadi dengan Meksiko, fokus kembali ke negosiasi yang lebih luas atas Perjanjian Amerika Serikat-Meksiko-Kanada (USMCA), kesepakatan yang dibuat untuk menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara. Dalam surat AdvaMed kepada Lighthizer, Kepala Eksekutif Scott Whitaker menyatakan keprihatinannya bahwa tarif akan melemahkan upaya untuk mendorong Kongres agar mengesahkan perjanjian. AdvaMed adalah pendukung kuat USMCA, Whitaker mencatat dalam surat itu.

Industri medtech berdiri untuk mendapatkan keuntungan dari berlalunya USMCA di sejumlah bidang. Pakta ini diharapkan dapat meningkatkan perdagangan perangkat medis, kata AdvaMed sebelumnya. Seorang eksekutif dengan kelompok itu mengatakan kepada MedTech Dive pada bulan April bahwa perjanjian tersebut akan membahas ketidakselarasan praktik peraturan tertentu yang sekarang menghasilkan inefisiensi yang mahal untuk industri.

Laporan Komisi Perdagangan Internasional yang dirilis pada bulan April menyoroti potensi manfaat bagi industri medtech dari ketentuan USMCA tentang hak kekayaan intelektual, yang akan membantu pembuat perangkat dengan memperkuat perlindungan untuk rahasia dagang, paten, dan penegakan administrasi.

Lebih positif termasuk bagian tentang peningkatan bea cukai dan fasilitas perdagangan, mengurangi hambatan teknis untuk perdagangan, menerapkan ketentuan anti-korupsi, menetapkan praktik terbaik untuk persetujuan produk, dan meningkatkan transparansi serta keadilan prosedural untuk penggantian.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Jumat, Departemen Luar Negeri AS mengatakan Meksiko berkomitmen untuk mengerahkan Pengawal Nasionalnya untuk mengekang migrasi dari Amerika Tengah melalui Meksiko ke Amerika Serikat. Meksiko juga diharapkan untuk mengambil tindakan untuk membongkar penyelundupan manusia dan organisasi perdagangan manusia. Departemen Luar Negeri mengatakan Amerika Serikat akan memperluas programnya untuk mengembalikan para pencari suaka ke Meksiko dengan cepat untuk menunggu pemrosesan.

Baca Juga

1. Trump Kehilangan Kepercayaan Diri Dengan Mengecam Kesepakatan Meksiko-nya

2. Trump Mengatakan AS Akan Membangun Jaringan 5G Dalam Waktu Dekat

3. Kepala Anggaran AS Meminta Penundaan Dua Tahun Pada Larangan Huawei