Pesantren Panggung Tulungagung

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Panggung Tulungagung

Profil
Pondok Pesantren panggung yang merupakan suatu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan. Mengenai profil pondok pesantren panggung bermula dari langgar pampang kecil yang sering dilanda banjirdi desa karangwarukecamatan kota kabupaten tulungagung 63 tahun silam. Langgar itu didirikan oleh H. Ali dan dikelola Kyai Ibrohim dan Mbah kasdi, Mbah kemis, Mbah Muntahar. Ketika itulah langgar yang belum mempunyai nama oleh masyarakat dijuluki “Langgar panggung” tahun 1953. Saat putra Kyai Ibrohim (Asrori Ibrohim) yang mondok di Mojosari nganjuk selama 20 tahun telah lulus, beliau terjun membantu ayahnya mengajar di langgar tersebut bersama teman dari mojosari yaitu : Mahfud, Bunhari, M. Jamil. Disitulah lahirnya pondok pesantren panggung tulungagung untuk menampung santri  yang belajar agama dan keterampilan serta memberantas buta huruf baik santri disekitar pondok maupun luar daerah. Dalam bidang pembangunan beliau dibantu oleh : H. Abdulloh Syaekon, H. Abdurrohman, H Abdulloh Mustamar, H Masyhuri, H makhrus isnain. Karena semakin tahun meningkat jumlah santri yang ada di tingkatan ibtida’, maka didirikan tingkat Tsanawiyah pada tahun 1964 dan tingkat Aliyah pada tahun 1967 dan Yayasan Raden Ja’far Shodiq tanggal 17 februari 1992 yang membawahi semua lembaga pendidikan pondok pesantren panggung tulungagung. Hal tersebut demi peningkatan kualitas santri pondok pesantren panggung tulungagung di bidang pendidikan.

Pendidikan
1. Playgroup,
2. Sekolah Dasar, 
3. Madrasah Tsanawiyah,
4. Madrasah Aliyah
5. Madrasah Diniyah

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
pengajian kitab klasik atau kitab kuning, pengajian kitab kontemporer, murrotal al-Qur’an, seni baca al-Qur’an, tahfidzul qur’an, Muhadharah dan syawir, amalan sholawat nariyah, yasin tahlil, manaqib syekh abdul qodir al-jaelani, Diba’an, al Barjanji, khitobah, seni bela diri  pencak silat pagar nusa, ekstra hadroh atau sholawat al habsyi, futsal, praktek ubudiyah, asma’ arto,buletin ar-raihan, pelatihan organisasi dan seminar keagamaan.

Alamat
Jl. P. Dipenogoro 151, Tamanan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66217
Telepon: (0355) 327100
 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.