Walmart Menghilangkan Peran Presiden Jet Karena Semakin Mengintegrasikan Bisnis E-Commerce

 
Walmart Menghilangkan Peran Presiden Jet Karena Semakin Mengintegrasikan Bisnis E-Commerce

LADUNI.ID, Lebih dari dua tahun setelah Walmart membeli Jet.com, pengecer kotak besar itu mengambil langkah-langkah untuk lebih terintegrasi dan melipat platform e-commerce ke dalam bisnisnya sendiri.

Sebagai bagian dari perubahan yang telah direncanakannya, peran Simon Belsham sebagai presiden Jet akan dihilangkan, dan para pemimpin tim Jet sekarang akan melapor ke Kieran Shanahan, yang telah mengawasi divisi makanan, barang habis pakai dan kesehatan serta kesejahteraan Walmart secara online.

Walmart, yang mengumumkan perubahan dalam posting blog Rabu malam, mengatakan akan menggabungkan seluruh tim Jet, termasuk ritel, pemasaran, teknologi, analisis, produk dan beberapa lainnya di dalam Walmart.

"Kami tidak memiliki kebutuhan yang sama untuk pemimpin yang berdedikasi," di Jet lagi, kata Marc Lore, salah satu pendiri Jet.com yang sekarang menjabat sebagai kepala bisnis e-commerce Walmart di AS.

Belsham akan tetap bersama perusahaan sampai awal Agustus untuk membantu transisi, kata Lore.

Seorang juru bicara Walmart mengatakan kepada CNBC bahwa tidak ada PHK yang direncanakan karena langkah-langkah ini, dan Jet akan mempertahankan kantor pusatnya di Hoboken, New Jersey.

“Perkembangan alami dari mengintegrasikan akuisisi ini, memungkinkan kami untuk sepenuhnya memanfaatkan aset Walmart untuk Jet dan memanfaatkan bakat Jet untuk Walmart,” kata Lore.

Sejak Walmart mengakuisisi Jet sekitar $ 3 miliar pada akhir 2016, ia mulai mengintegrasikan perusahaan-perusahaan, termasuk menggabungkan tim rantai pasokannya untuk jatuh di bawah pendiri Jet.com, Nathan Faust. Faust dan Lore keduanya berasal dari Quidsi, salah satu pendiri awal Lore yang dijual ke Amazon pada 2011 dengan harga $ 550 juta. (Amazon kemudian mematikan Quidsi.)

Lore mengatakan perubahan rantai pasokan telah membantu Walmart menumbuhkan penjualan e-commerce secara keseluruhan dengan cepat dan pada akhirnya bergerak ke arah menawarkan pengiriman gratis di hari berikutnya.

Jet juga telah melalui perombakan manajemen sebelumnya. Itu kehilangan mantan presidennya, Liza Landsman, tahun lalu. Dia dinobatkan ke posisi itu setelah Lore menjadi kepala e-commerce untuk Walmart, tetapi kemudian pergi bekerja sebagai kapitalis ventura. Saat itulah Belsham masuk.

Sementara itu, Walmart telah mengakui upaya pemasarannya untuk Jet, yang berfokus pada penargetan pelanggan milenial, agar lebih fokus pada pertumbuhan Walmart.com. Perusahaan ini dikritik di masa lalu oleh para analis karena tidak meningkatkan penjualan Jet seperti yang diharapkan oleh beberapa orang, dan karena memfokuskan semua investasinya di New York.

"Kami melihat kami bisa mendapatkan pengembalian investasi pemasaran yang lebih tinggi dengan Walmart.com," kata Lore dalam posting blog Rabu. “Namun, di kota-kota besar tertentu di mana Walmart memiliki sedikit atau tidak ada toko, Jet telah menjadi sangat fokus pada pelanggan perkotaan tersebut. Walaupun ini telah membuat Jet lebih kecil dari perspektif penjualan, Jet membantu kami menciptakan pendekatan portofolio cerdas di mana bisnis kami saling melengkapi. ”

Tahun lalu, Walmart mendesain ulang Jet.com dengan menambahkan lebih banyak barang dagangan dari merek-merek seperti Nike, pengiriman lebih cepat dan serangkaian peningkatan lainnya dalam upaya bersaing lebih efektif melawan Amazon.

Jet dapat segera tumbuh lagi, menurut Lore. "Fokusnya sebagian besar berada di New York sejauh ini, dan kami sedang melihat kota-kota lain di mana kami dapat menyatukan keahlian Jet dan skala serta model operasi Walmart," katanya. "Lebih banyak yang akan datang."

Walmart juga mengumumkan bahwa David Echegoyen, wakil presiden saat ini dan kepala pelanggan di Jet, akan pindah ke divisi pemasaran Walmart sebagai wakil presiden pemasaran bahan makanan, pickup, dan pengiriman serta layanan di AS dan online. Dia akan melapor ke Barbara Messing, wakil presiden senior dan kepala pemasaran.

Saham Walmart naik sekitar 16,8% sepanjang tahun ini.

Baca Juga

1. Australia Mencapai Crown LNG karena Boom $ 200 Miliar Berakhir

2. Saat Migran Mengalir Di Perbatasan, Pos Pemeriksaan Darat Merasakan Ketegangan