Pesan Berharga Habib Luthfi yang Relevan Sampai Kapanpun

 
Pesan Berharga Habib Luthfi yang Relevan Sampai Kapanpun

LADUNI.ID, Jakarta - Ada banyak pesan penting dari Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya. Salah satu saran penting dari beliau adalah tentang pentingnya muthola’ah, khidmah dan kirim hadiah Al-Fatihah kepada guru-guru. Apa itu maksudya?

Maulana Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya pernah menjelaskan pesan-pesan tersebut setidaknya sebagai berikut:

Jangan pernah tinggalkan mutholaah, dan jangan bosan mengulang-ulangnya walaupun kitabnya hanya satu. Sebab jika rajin mutholaah dengan berkah mu'a.llif, insya Allah difutuh oleh Allah.

Imam-imam kita itu karya-karyanya luar biasa. Imam Ibnu Hajar tiap malam baca sholawat sebanyak 20 ribu, Imam Nawawi 40 ribu,dan Syaikh Abi Zakariya al-Anshari tiap malam baca sholawat sebanyak 30 ribu, sampai ketika disebut nama Rasulullah hati mereka bergetar.

Yang kedua, jangan tinggal khidmah kepada guru walaupun hanya sedikit. Itu yang menjadikan sebab terbukanya mafahim yang luar biasa.

Yang terakhir, jangan tinggal kirim hadiah fatihah kepada guru. Saya paling tidak suka kalau ada santri sampai melupakan gurunya, sebab kunci futuh itu ada di tangan guru. Walaupun si santri lebih alim dari gurunya.

Dulu selama di pondok, saya ikut mencangkul, matun (menyiangi padi), derep ( memanen). Semua itu saya kerjakan atas perintah guru.

Selama di pondok, saya tidak pernah menempatkan diriku sebagai seorang Sayyid (Habib). Saya selalu menempatkan diriku hanya sebagai seorang santri. Walaupun sebenarnya guruku (Kiai Muhammad Kaukab bin Muslim bin Sholeh) tahu nasabku.

Pendiri Pondok Pesantren Benda Kerep yakni Kiai Sholeh, itu murid buyutku (Habib Umar bin Thoha bin Yahya Indramayu). Beliau sholat berjamaah subuh dengan wudhu sholat isya sebagai ma'mum di belakang Habib Umar selama 25 tahun. Kalau mau mencari orang-orang yang alimnya melebihi Kiai Sholeh, banyak kita temui. Tapi kalau mau mencari orang yang pangkat kewalianya tinggi seperti beliau, jarang kita temui.

***

Setidaknya itulah pesan-pesan yang sangat berharga dari guru kita, Maulana Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya. Pesan-pesan yang sangat sederhana namun jarang kita ingat sebagai hal yang berharga. Pesan-pesan yang sangat berharga bagi siapapun dan dalam keadaan apapun.

Semoga kita sentiasa menjadi manusia yang selalu ingat dan bermanfaat dengan melaksanakan pesan-pesan itu tadi. Aamiin…