Mengingat Kamera Ponsel Pertama di Dunia dengan Kamera Selfie-nya

 
Mengingat Kamera Ponsel Pertama di Dunia dengan Kamera Selfie-nya

LADUNI.ID, Kita telah sampai pada masa di mana smartphone dapat menggantikan DSLR. Anggaplah Huawei P30 Pro dengan zoom 50X yang luar biasa atau Pixel 3 XL dengan gambar cahaya rendah yang luar biasa. Smartphone kini telah bermutasi menjadi ponsel kamera. Tapi tahukah anda kapan ponsel kamera pertama kali dikenalkan? Siapa yang pertama membuat konsep ponsel kamera? 

Sebenarnya ada sedikit kebingungan tentang siapa yang merilis ponsel kamera pertama. Wikipedia menyatakan itu adalah Samsung dengan SCH-V200-nya yang menandai masuknya ponsel kamera.

Namun, artikel yang sama berpendapat bahwa ponsel kamera sejati dunia bisa dari Sharp. Perusahaan Jepang telah merilis J-SH04 yang dilengkapi kamera beberapa bulan setelah Samsung SCH-V200, tetapi dengan modul kamera terintegrasi.

Tapi, jika Anda sedikit meneliti, Anda akan menyadari bahwa sebenarnya ada telepon kamera yang dirilis bahkan sebelum kedua model ini (yang awalnya terlewatkan oleh Wikipedia)!

Ponsel kamera sejati pertama sebenarnya diumumkan oleh pabrikan Jepang yang berbeda, Kyocera, seri Visual Phone VP-210. Itu dirilis jauh sebelum dua model di atas, pada awal tahun 1999 di Jepang.

Yang lebih menarik adalah bahwa ponsel tersebut memiliki kamera menghadap ke depan, mirip dengan yang kita miliki saat ini untuk selfie. Jelas, itu adalah telepon yang jauh lebih maju dari masanya! Kyocera VP-210 hadir dengan layar TFT warna 2 inci dengan kamera 110.000 piksel.

Tidak usah heran dengan jumlah piksel yang besar, itu sebenarnya sensor kecil dengan hanya 0.11MP. Tidak mengherankan, harganya mahal $ 335 untuk standar tahun 1999.

Sekarang mari kita bandingkan dua model yang menurut Wikipedia sebagai ponsel kamera pertama. Samsung SCH-V200 secara resmi dirilis pada Juni 2000. Di sisi lain, Sharp J-SH04 diumumkan beberapa bulan kemudian, pada November 2000.

Keduanya memiliki kamera dan dapat mengambil gambar, namun, ada perbedaan mendasar antara kedua model tersebut.

Samsung SCH-V200 pada dasarnya adalah ponsel dengan modul kamera yang terpasang di bagian belakang. Itu memiliki kamera 0.35MP dan telepon dapat menangkap 20 foto. Namun, untuk berbagi foto, Anda harus menghubungkannya ke komputer Anda.

Di sisi lain, Wikipedia mengklaim Sharp J-SH04 adalah ponsel kamera nyata pertama karena memiliki desain yang terintegrasi.

Model Samsung memiliki desain setengah terintegrasi yaitu modul kamera berbagi casing dan baterai yang sama tetapi tidak terhubung ke telepon secara fungsional.

Pada Sharp J-SH04, Anda dapat berbagi foto yang diambil di telepon langsung melalui perangkat karena kamera terintegrasi penuh. Namun, patut dicatat bahwa kamera 0.11MP Sharp lebih lemah dari Samsung 0.35MP.

Jadi, dalam semua hal, sepertinya Kyocera VP-210 dan kamera 0.11MP yang menghadap ke depan adalah ponsel kamera sejati pertama di dunia. Semuanya dimulai dengan sensor 0.11MP.

Saat ini, kita berada pada resolusi 48MP dan bahkan modul kamera 64MP pada smartphone. Hitungan megapiksel akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Jadi jangan heran jika Anda melihat ponsel dengan kamera 192MP di masa depan, lagipula, chipset kelas atas seperti Qualcomm sudah mendukung modul kamera resolusi tinggi seperti itu.