Erdogan Memastikan Pengiriman S-400 Rusia Dimulai pada Bulan Juli

 
Erdogan Memastikan Pengiriman S-400 Rusia Dimulai pada Bulan Juli

LADUNI.ID, Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan ia memperkirakan sistem pertahanan rudal S-400 Rusia akan mulai tiba di Turki pada semester pertama Juli, kata stasiun televisi NTV melaporkan pada hari Minggu, sebuah perkembangan yang akan memicu ketegangan dengan sekutu NATO Washington.

S-400 tidak kompatibel dengan sistem NATO dan telah menjadi sumber perselisihan yang berkembang antara Turki dan Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir.

“Kami membahas masalah S-400 dengan Rusia. Memang masalah S-400 diselesaikan, ”Erdogan dikutip mengatakan kepada wartawan di pesawatnya kembali dari kunjungan ke Tajikistan, di mana ia menghadiri pertemuan puncak dan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Saya pikir mereka akan mulai datang pada paruh pertama bulan Juli," tambahnya, memberikan perkiraan yang lebih spesifik daripada sebelumnya.

Sekretaris Pertahanan AS Patrick Shanahan bulan ini menguraikan bagaimana Turki akan ditarik keluar dari program jet tempur F-35 kecuali Ankara mengubah arah dari rencananya untuk membeli sistem rudal.

Erdogan mengatakan ia akan membahas masalah ini dengan Presiden AS Donald Trump ketika mereka bertemu di KTT G-20 bulan ini.

"Ketika seseorang menurunkan mengatakan hal-hal yang berbeda, maka kami segera melakukan kontak dengan Mr Trump dan mencoba untuk memecahkan masalah dengan diplomasi telepon. Hal-hal tidak perlu waktu lama di sana, "katanya.

Baca Juga

1. Vodafone Meluncurkan Jaringan 5G Pertama di Spanyol Bekerja Sama dengan Huawei

2. Menteri Energi Saudi Berharap OPEC Setuju untuk Memperpanjang Pengurangan Produksi 'Awal Juli'