Ziarah di Makam KH. Raden Rahmat Djoyo Ulomo, Mursyid Tarekat Al- Mu’tabaroh An-Nahdliyyah Lampung

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Raden Rahmat Djoyo Ulomo, Mursyid Tarekat Al- Mu’tabaroh An-Nahdliyyah Lampung

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta -  KH.Raden Rahmad Djoyo Ulomo beliau adalah kyai sepuh di provinsi Lampung yang sangat kharismatik. Beliau juga menjadi Guru Mursyid Tariqat Qodiriyyah wa Naqsyabandiyah dan menjabat Rois Syuriah Jam’iyyah Tarekat Al- Mu’tabaroh An-Nahdliyyah Wilayah Lampung.Di lain pihak beliau juga pernah menjabat Ketua Tanfidyah Nahdlatul Ulama Cabang Lampung Tengah.

Pada saat itulah perannya tidak bisa dianggap kecil, mengingat pada saat itu jangkauan pengaruh maupun kaum muslimin yang menimba ilmu dari ceramah-ceramah agama dari beliau cukup jauh, tidak hanya di wilayah Provinsi Lampung, namun beliau juga seringkali diundang untuk ceramah agama di Provinsi Sumatera Selatan, Jambi maupun Riau.

Ketokohannya di dunia pesantren dan salah seorang mursyid thariqoh yang masyhur menjadi daya tarik tersendiri.

Profil

KH. Raden Rahmad Djoyo Ulomo lahir di Banjar Melati Pare Kediri Jawa Timur pada tahun 1875.

Lokasi Makam

Pada tahun 1989, hari penuh Senin 12 Desember, Kyai Djoyo Ulomo wafat dalm usia 114 tahun. Hingga kini makam dia berada di komplek Pondok Pesantren Tri Bhakti Attaqwa, dekat pengimaman pesantren.

Haul

Haul diadakan setiap tahun sekali di pondok pesantren Tri Bhakti Attaqwa. Haul beliau diperingati pada bulan Jumadi Awal  untuk tanggal haul akan diberitahukan pihak keluarga besar pondok pesantren Tri Bhakti Attaqwa.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

 

Fadilah

Makam KH.Raden Rahmad Djoyo Ulomo banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Lampung saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Lampung yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek Pemakaman pondok pesantren Tri Bhakti Attaqwa, Lampung Timur.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam  KH.Raden Rahmad Djoyo Ulomo, dibukakan akal pikiran dan hatinya dalam menerima ilmu, dimudahkan dalam mencari rezeki, dimudahkan dalam mencapai cita-citanya, dimudahkan dalam hajatnya, dan dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah

Peninggalan

Beliau adalah pendiri sekaligus pengasuh Pondok pesantren Tri Bhakti Attaqwa, Lampung Timur

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Lampung di antaranya:
Pie Susu Pisang, Keripik Pisang, Sambal Lampung, Kerupuk Cumi, Sambal Goreng Udang, Bakso Sony, Dodol Pandan, Kemplang, Keripik Nangka, Engkak, Kopi Durian.