Mohamed Morsi Dikuburkan di Distrik Nasr Kairo Barat

 
Mohamed Morsi Dikuburkan di Distrik Nasr Kairo Barat

LADUNI. OD, MESIR - Mantan presiden Mesir Mohamed Morsi dikuburkan di bawah pengamanan ketat di sebuah pemakaman di distrik Nasr di Kairo barat, setelah izin keluarganya untuk menguburnya di kota kelahirannya di provinsi Sharqia ditolak, . Hal itu diungkapkan oleh putra Morsi, Ahmed.

Sementara itu Kantor hak asasi manusia PBB telah menyerukan penyelidikan secara cepat, tidak memihak, menyeluruh dan transparan atas kematian Morsi. Sementara Human Rights Watch (HRW) mengatakan dia dianiaya dan menderita bertahun-tahun karena tidak cukup akses ke perawatan medis.

Sarah Leah Whitson, direktur Timur Tengah HRW, mengatakan perlakuan terhadap mantan presiden Mesir itu di penjara "mengerikan".

"Paling tidak, pemerintah Mesir melakukan pelanggaran berat terhadap Morsi dengan menyangkal hak tahanan yang memenuhi standar minimum," tambahnya seperti dikutip dari Sky News, Rabu (19/6/2019).

Ahmed Morsi sebelumnya juga telah berbicara dengan media tentang "kerusakan parah" kesehatan ayahnya di penjara.

Pada hari Selasa, masjid-masjid di seluruh Turki berduka atas kematian Morsi, sementara beberapa ratus orang di Ankara menggelar protes di luar kedutaan Mesir.

Berbicara di masjid Istanbul, presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dia tidak percaya Mohamed Morsi meninggal karena sebab alamiah.