Ratusan Anak di India Tewas Akibat Penyakit Radang Otak

 
Ratusan Anak di India Tewas Akibat Penyakit Radang Otak

LADUNI.ID, India - Sejak serangan wabah radang otak (encephalitis) yang menimpa daerah Bihar, India, setidaknya terdapat 103 anak tewas akibat penyakit tersebut. Sementara itu 200 anak lainnya masih dirawat intensif di rumah sakit. Diprediksi jumlah korban tewas bisa terus bertambah. 

Wabah ini dapat menyebabkan anak mengalami hipoglikemia atau gula darah rendah. Sehingga menyebabkan nyawa mereka sulit ditolong. Pemerintah Bihar mengumumkan akan menanggung biaya perawatan semua pasien yang kini dirawat. Seperti dilansir BBC, Pemerintah menyatakan “Kami akan memberi semua dukungan pada negara bagian dan keluarga yang terkena dampak.” 

Jenis wabah ini biasanya terjangkit saat musim hujan. Seperti diungkapkan para dokter bahwa mayoritas korban tewas akibat encephalitis Jepang, yakni virus yang disebarkan nyamuk.  Dan anak-anak merupakan korban terbanak dari wabah penyakit encephalitis ini.

Mengingat semakin meningkatnya korban tewas akibat serangan penyakit ini maka Pemerintah kota Bihar menerapkan dan menghimbau para warganya untuk mengurangi aktivitas di siang hari untuk mencegah banyaknya korban.