Biografi Mbah KH. Mursyidin

 
Biografi Mbah KH. Mursyidin
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Mbah KH. Mursyidin

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Nasab
  4. Pendidikan
  5. Keluarga

 

Kelahiran

Beliau lahir di Sluke, Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Wafat

Beliau bersama istri di Makamkan di sebelah pojok barat Makam Mbah Goang. Sampai saat ini Santren adalah wilayah adat Nguruan, tanahnya tidak bisa dimiliki individu karena sertifikat tanahnya hanya satu.

Nasab

Silsilah nasab Mbah KH. Mursyidin sendiri ke atas sampai ke Brawijaya Majapahit.

KH. Mursyidin bin Abdullah Abbas bin Abdul Hadi bin Naib Jurung Jero bin Ki Gumyar Jurung Jero bin Ki Kaji bin Barjiyah bin Jarot Amangkurat bin Sutowijoyo bin Sultan Amangkurat bin Sultan Hanyokro Kusumo bin Sunan Sedo Krapyak bin Ki Ageng Pemanahan bin Ki Ageng Enis bin Ki Ageng Selo (Syeh Abd. Rohman) bin Ki Ageng Getas Pandowo bin Raden Bondan Kejawan bin Kertabumi Brawijaya

Pendidikan

Beliau mondok di pondok Kyai Qomaruddin di Bungah, Gresik, Jawa Timur dan diminta untuk menemani Mbah Kyai Maulono untuk babat/membuka desa Nguruan, berjuang mensyiarkan agama Allah di bumi Nguruan.

Keluarga

Waktu ikut babat Nguruan umur beliau masih sangat muda dan belum menikah. Tahun demi tahun berganti hingga beliau mencapai usia yg cukup, akhirnya beliau dinikahkan dengan Mbah Sampet binti Mbah Tinggolo bin Mbah Kicoworo bin Demang Kayunan (R. Singomenggolo bin R. Mangoen Djoyo).

Putra-putri beliau berada di timur jalan depan masjid dan kebanyakan berada di wilayah Blokan Tengah sampai Nguruan Barat rata-rata adalah keturunan beliau.

Berikut adalah putra putri kyai mursyidin dan mbah sampet, diantaranya:

  1. Abdurrohman Nguruan
  2. Basyer Santren
  3. Aisyah
  4. KH. Abu Bakar Santren
  5. Fatimah
  6. Siti Fatimah

Seluruh kepala desa wilayah Soko, dan sebagian di Bojonegoro dulu adalah keturunan Demang Kayunan, termasuk Nguruan waktu dulu.

 

Sumber: Gus Munib Al Salim

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya