Krisis Air Menimpa Kota Chennai, India

 
Krisis Air Menimpa Kota Chennai, India

LADUNI.ID, Chennai – Salah satu kota di Selatan India yaitu Chennai diketahui mengalami krisis air akibat mengeringnya empat waduk di kota tersebut. Para masyarakat setempat biasanya mengandalkan cadangan air dari waduk tersebut untuk kebutuhan air sehai-hari. Situasi ini sangat meresahkan para warga setempat sehingga mereka mencari solusi darurat dengan cara melakukan pengeboran lubang sumur.

Krisis air ini mengakibatkan banyak restoran, cafe dan hotel yang ditutup, kemudian warga juga harus antri berjam-jam untuk mendapatkan air dari tangki pemerintah. Mereka sangat berharap hujan akan turun secepatnya di kota Chennai, ungkap salah satu pejabat kepada BBC Tamil. 

Dampak lain yang disebabkan dari kekeringan ini adalah banyaknya terjadi kriminal dan bentrok antar warga setempat. Seperti yang terjadi pekan lalu, polisi menangkap seorang pria karena menikam tetangganya saat memperebutkan pembagian air di daerah mereka.

Kekeringan ini telah terjadi hampir beberapa pekan. Banyak upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi krisis air ini. Salah satunya adalah dengan mematikan pendingin udara di stasiun oleh Metro Chennai, sementara kantor-kantor menyuruh stafnya untuk bekerja dari rumah dalam upaya menghemat air.

Berbagai upaya juga dilakukan oleh para pejabat untuk mendapatkan stok air, yaitu mencari sumber air alternatif, dengan departemen air kota mulai mengidentifikasi dan mengambil air dari tambang. Akan tetapi terhambat karena reservoir yang kering dan ketinggian air tanah yang rendah.

Nakkeeran, seorang aktivis sosial mengungkapkan bahwa "Salah satu cara untuk membuat ini lebih baik adalah dengan meningkatkan permukaan air tanah seperti yang kita lakukan pada kekeringan pada tahun sebelumnya."