Rasakan di Balik Dahsyatnya Kelebihan Zikir Al-Ghaffar

 
Rasakan di Balik Dahsyatnya Kelebihan Zikir Al-Ghaffar

LADUNI. ID, - Salah satu zikir bernama Al-Ghaffar. Zikir ini berasal dari fi’il madhi “ghafara”, yang berarti menutupi. 

Sebagian ulama yang lain berpendapat bahwa kata Al-Ghaffar itu terambil dari kata “alghafaru” yang berarti sejenis tumbuhan yang digunakan untuk mengobati luka. Jika kita mengambil makna yang pertama, maka Al-Ghaffar berarti Allah menutupi dosa hamba-hamba-Nya karena kemurahan dan keluasan ampunan-Nya. 

Sedangkan  jika kita memaknai dengan kata yang kedua, berarti Allah menganugerahkan sifat penyesalan kepada hamba-hamba-Nya sehingga bisa menjadi obat penawar sekaligus penghapusan dosa.

Secara ringkas dapat diambil kesimpulan bahwa Al-Ghaffar bermakan: Yang Maha Pengampun, Dia Maha Pengampun dan Bbnyak pemberian maaf-Nya dan menutupi dosa-dosa dan kesalahan hamba.

Dalil Zikir Al-Ghaffar

Dalam Al-Qur’an menurut sebagian ahli ilmu menyebutkan bahwa kata “Ghaffar” sebanyak lima kali, tiga kali berdiri sendiri, sedang dua kali lainnya dirangkai setelah penyebutan sifat dan nama Indah lainnya, yaitu Al-Aziz. Salah satunya disebutkan di dalam surat At-Taubah berbunyi: "Sesungguhnya Tuhanmu sangat luas maghfirah-Nya." (QS. At-Taubah: 117)

Kelebihan Zikir Al-Ghaffar
Diantara kelebihan zikir Al-Ghaffar yaitu: pertama, sambil beri’tikaf (diam dalam masjid dalam keadaan suci) bacalah zikir ‘Ya Ghaffaar ’ sebanyak 100 X sambil menunggu masuknya salat Jumaat. Insya Allah diampunkan dosa-dosa kita.

Kedua, siapa yang berzikir ‘Ya Ghaffaar’ 100 kali sambil mengiringi Salat Jumaat, Insya Allah zahir baginya akan mendapat keampunan.

Ketiga, siapa menyebut ‘Ya Ghaffaar’  100 X, Insya’Allah akan diampunkan dosa yang telah dilakukannya.