Pasca Jatuhnya Pesawat Nirawak AS oleh Iran, Harga Minyak Dunia Ikut Meningkat

 
Pasca Jatuhnya Pesawat Nirawak AS oleh Iran, Harga Minyak Dunia Ikut Meningkat

LADUNI.ID, Iran - Pasca Insiden jatuhnya Drone Nirawak mata-mata AS oleh Iran, diketahui bahwa harga minyak dunia juga ikut melambung tinggi pada Kamis (20/6). Laporan ini seperti dilansir dari laman LiputanIslam.com. 

Berdasarkan laporan dari Presstv, menjelaskan bahwa Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran telah menembak jatuh pesawat tanpa awak di dekat wilayah udara Iran. Kemudian hal ini juga dibenarkan oleh para pejabat AS bahwa itu adalah pesawat nirawak AS.

Selanjutnya, Laporan yang didapat dari Kantor berita Iran Fars News menyebutkan bahwa drone yang ditembak jatuh merupakan “pesawat mata-mata Global Hawk buatan AS”. Namun, seorang pejabat AS  mengatakan kepada Reuters bahwa  itu adalah “Triton MQ-4C Angkatan Laut AS.”

Kemudian, pihak IRGC juga menyatakan bahwa drone tersebut berada di ruang udara Iran. Akan tetapi, hal ini tidak diakui oleh Pejabat AS, Ia menuturkan kepada Reuters bahwa drone tersebut masih berada di wilayah udara internasional.

Sementara itu, pasca jatuhnya drone tersebut, ketegangan antara AS dan Iran semakin meningkat sehingga Iran sempat mengatakan siap perang dengan AS. Terkait hal tersebut, dilaporkan bahwa harga minyak dunia juga ikut meningkat. Dimana harga minyak mentah naik sebesar 2,8% menjadi $ 55,29, sementara Brents meningkat 2,3% menjadi $ 63,26.